Search

Peristiwa 7 Juni: Pemilu Pertama Indonesia - Okezone News

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 7 Juni tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah digelarnya Pemilu pertama di Indonesia dan dibentuknya Komnas Ham.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 7 Juni dari Wikipedia, antara lain:

1. Pemilu pertama di Indonesia

7 Juni 1999, Indonesia melaksanakan pemilihan umum (pemilu) pertama pada era reformasi setelah 32 tahun di bawah pemerintahan Orde Baru Presiden Soeharto. Pemilu yang diikuti 48 partai ini dimenangi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

2. Kelahiran Wapres AS Mike Pence

7 Juni 1959, merupakan kelahiran dari Mike Pence, Wakil Presiden Amerika Serikat ke-48. Ia Michael adalah Wakil Presiden Amerika Serikat ke-48.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Gubernur negara bagian Indiana ke-50 dari 2013 hingga 2017. Pence merupakan anggota dari Partai Republik mewakili Indiana di DPR sejak 2001 hingga 2003 dan menjabat sebagai Ketua House Republican Conference.

3. Gempa bumi dahsyat di Jamaika

ilustrasi

7 Juni 1692 , sebuah gempa bumi besar menghancurkan Port Royal, Jamaika, menyebabkan 2/3 bagian dari kota tenggelam ke Laut Karibia.

4. Berdirinya Komnas Ham

7Juni 1993, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas Ham) diresmikan di Indonesia, yang merupakan sebuah lembaga mandiri di Indonesia yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya dengan fungsi melaksanakan kajian, perlindungan, penelitian, penyuluhan, pemantauan, investigasi, dan mediasi terhadap persoalan-persoalan hak asasi manusia.

Komisi ini berdiri sejak tahun 1993 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50 Tahun 1993 tentang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Komnas HAM mempunyai kelengkapan yang terdiri dari Sidang Paripurna dan Subkomisi.

Di samping itu, Komnas HAM mempunyai Sekretariat Jenderal sebagai unsur pelayanan. Ketua Komnas HAM dijabat bergiliran dengan masa jabatan 2,5 tahun. Namun mulai 2013, ketua Komnas HAM dijabat bergiliran dengan masa jabatan satu tahun.

(kha)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://nasional.okezone.com/read/2020/06/07/337/2225704/peristiwa-7-juni-pemilu-pertama-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peristiwa 7 Juni: Pemilu Pertama Indonesia - Okezone News"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.