Search

Jokowi: Pemilu Agak Panas Nggak Apa-apa, yang Penting Jangan Ngipasin - detikNews

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut situasi pemilu yang kadang menjadi agak panas adalah hal yang biasa. Asalkan, kata Jokowi, situasi tersebut tidak dikompor-kompori untuk menjadi semakin panas.

Hal itu disampaikan Jokowi di depan 100 CEO di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023). Jokowi mulanya meminta para pengusaha untuk tidak takut berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia memastikan pembangunan IKN akan terus dilanjutkan.

"Jadi kembali, IKN ini adalah investasi masa depan kita investasi keberlanjutan Indonesia. Jadi kalau masih ada khawatir-khawatir apa gitu lho, 'pak nanti nggak dilanjutkan', undang-undangnya sudah ada, undang-undangnya didukung 93% fraksi partai-partai di DPR, apalagi?" kata Jokowi melalui kanal YouTube Setpres.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi pun mempertanyakan apa lagi yang menjadi kekhawatiran para pengusaha untuk berinvestasi di IKN. Dia pun bertanya apakah para pengusaha takut akan dinamika Pemilu 2024?

"Takut apalagi? Takut pemilu?" tanyanya.

Jokowi kemudian mengatakan bahwa situasi pemilu yang kadang sedikit hangat dan agak panas adalah hal yang wajar. Namun, dia meminta agar situasi tersebut tidak dipanas-panasi.

"Ini kadang apa kita ini kan sudah berapa kali pemilu langsung. 2004, 2009, 2014, 2019. Ya kalau mau pemilu anget-anget dikit, agak-agak panas kan nggakpapa, yang paling penting bapak ibu jangan beli kipas, ngipasin atau ibu-ibu beli kompor, manas-manasin," tutur Jokowi.

Jokowi melanjutkan, perbedaan pilihan dalam Pemilu adalah hal yang biasa. Menurutnya, saat ini masyarakat Indonesia sudah makin dewasa dalam berdemokrasi.

"Udahlah kita ini saya lihat sudah semakin dewasa dalam berdemokrasi. Perbedaan itu biasa, beda pilihan biasa gitu lho. Yang milih semuanya kan rakyat, kedaulatan itu ada di tangan rakyat. Bapak seganteng apapun kalau rakyat nggak seneng gimana? Bapak seneng yang ndeso-ndeso kayak saya gini gimana? Pilihan rakyat," papar dia.

Jokowi pun mewanti-wanti para pengusaha untuk tidak ikut berkomentar terkait persoalan Pemilu. Dia berharap nantinya usai Pemilu rakyat bersatu lagi demi bangsa dan negara.

"Persaingan dalam kompetisi pemilu biasa-biasa saja. Nggak usah bapak ibu ini kan biasa di bisnis, biasa di ekonomi, nggak usah lah belajar jadi politikus kadang-kadang ngomentari malah bisa keliru," ujar Jokowi.

"Yang paling penting kita berharap semua setelah bertanding setelah berkompetisi nanti kompak lagi, bersatu lagi untuk negara dan bangsa," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Lihat juga Video: Panda Nababan Syok: Ini Bukan Jokowi yang Ku Kenal

[Gambas:Video 20detik]

(mae/imk)

Pantau Pemilu

Kenali, pantau hingga sampaikan aspirasi tentang tokoh favoritmu di bursa Pemilu 2024. Cek rekam jejak, profil, hingga berita terkini mereka sekarang!

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMia2h0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzAxNTg2OS9qb2tvd2ktcGVtaWx1LWFnYWstcGFuYXMtbmdnYWstYXBhLWFwYS15YW5nLXBlbnRpbmctamFuZ2FuLW5naXBhc2lu0gEA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi: Pemilu Agak Panas Nggak Apa-apa, yang Penting Jangan Ngipasin - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.