Search

Komisi I DPR Tak Khawatir Netralitas Jenderal Agus Subiyanto Jelang Pemilu - detikNews

Jakarta -

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengaku tidak khawatir dengan netralitas KSAD Jenderal Agus Subiyanto jika terpilih sebagai Panglima TNI jelang Pemilu 2024. Sebab, nantinya akan dipilih bersama oleh fraksi-fraksi di DPR.

"Nggak, nanti kan yang milih juga rame-rame, yang milih fraksi DPR. Jadi, Insyaallah tidak ada berpihak mana, berpihak mana," kata Meutya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Meutya mengatakan Komisi I DPR juga akan melakukan uji kelayakan Jenderal Agus Subiyanto. Karena itu, masalah netralitas calon Panglima TNI tidak perlu dikhawatirkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena kan nanti fit and propernya dilaksanakan oleh seluruh fraksi. Jadi kekhawatiran itu tidak terlalu, kurang lah, kurang beralasan," kata dia.

"Beda kalau misalnya nggak lewat fit and proper, kalau fit and proper kan berarti melalui seluruh fraksi di DPR," tambahnya.

KSAD Jenderal Agus Subiyanto sebelumnya mengingatkan para prajuritnya agar netral dalam Pemilu 2024. Jenderal Agus menegaskan bahwa anggota TNI aktif dilarang berpolitik.

"Kita punya koridor, yang pertama Undang-Undang 34 Tahun 2004, di mana TNI dilarang berpolitik," kata Jenderal Agus di Bogor, Rabu (1/11).

Kemudian, aturan kedua yaitu Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017. Di mana apabila prajurit berpolitik, maka harus keluar dari TNI.

"Apabila TNI berpolitik harus keluar dari TNI," ujar calon Panglima TNI ini.

Simak Video 'Profil Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Baru 6 Hari Jadi KSAD':

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/rfs)

Pantau Pemilu

Kenali, pantau hingga sampaikan aspirasi tentang tokoh favoritmu di bursa Pemilu 2024. Cek rekam jejak, profil, hingga berita terkini mereka sekarang!

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzAxMzc4Ny9rb21pc2ktaS1kcHItdGFrLWtoYXdhdGlyLW5ldHJhbGl0YXMtamVuZGVyYWwtYWd1cy1zdWJpeWFudG8tamVsYW5nLXBlbWlsddIBdmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzAxMzc4Ny9rb21pc2ktaS1kcHItdGFrLWtoYXdhdGlyLW5ldHJhbGl0YXMtamVuZGVyYWwtYWd1cy1zdWJpeWFudG8tamVsYW5nLXBlbWlsdS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Komisi I DPR Tak Khawatir Netralitas Jenderal Agus Subiyanto Jelang Pemilu - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.