Search

Sidang Lanjutan Uji Materi Sistem Pemilu Dengar Keterangan Ahli - Metro TV News

5 April 2023 13:16

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang lanjutan uji materi sistem pemilu. Agenda sidang kali ini mendengar keterangan dua orang ahli dari pemohon, Rabu (5/4/2023).

Sidang uji materi sistem pemilu yang digelar di Mahkamah Konstitusi dimulai pada pukul 10.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi, Saldi Isra.

Sidang hari ini merupakan sidang ke-12 untuk perkara nomor 114 PUU 20 2022. Agenda sidang hari ini adalah mendengar keterangan dari dua orang ahli saksi yang dihadirkan oleh pemohon. 

Dua saksi ini merupakan Fritz Edward Siregar dan Agus Riwanto. Kedua nya merupakan ahli hukum tata negara yang pernah menjadi penyelenggara pemilu, baik tingkat daerah maupun tingkat nasional.

Dalam keterangannya, Fritz Edward Siregar yang sebelumnya pernah menjabat sebagai komisioner Bawaslu menjelaskan bahwa sistem pemilu dapat berubah sesuai dengan kondisi untuk mendukung demokrasi. Menurutnya apabila perubah ini dilakukan sesuai dengan konstitusi transparan maka perubahan hukum tersebut dapat dilakukan.

Menurut Fritz, sistem pemilu proporsional terbuka yang berlaku di Indonesia dapat menyebabkan banyak suara yang tidak sah, manipulasi suara hingga mengganggu rekapitulasi suara.

Sementara, Agus Riwanto sejalan dengan Fritz mengatakan bahwa sistem pemilu yang saat ini berlaku justru melemahkan organisasi partai politik dan identitas dari kepartaian. Caleg yang terpilih tidak mencerminkan nilai-nilai kepartiana dan mendapat tanggapan langsung dari hakim maupun pihak terkait yang berada di ruang sidang.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiaWh0dHBzOi8vd3d3Lm1ldHJvdHZuZXdzLmNvbS9wbGF5L05PbENZalJsLXNpZGFuZy1sYW5qdXRhbi11amktbWF0ZXJpLXNpc3RlbS1wZW1pbHUtZGVuZ2FyLWtldGVyYW5nYW4tYWhsadIBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sidang Lanjutan Uji Materi Sistem Pemilu Dengar Keterangan Ahli - Metro TV News"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.