Search

Formasi Dapil Pemilu 2024 di Garut Berubah Menjadi 6 Dapil, Cek Komposisinya - Liputan6.com

Liputan6.com, Garut - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, akhirnya mengumumkan perubahan formasi baru Daerah Pemilihan Pemilihan Umum (Dapil Pemilu) 2024 mendatang.

“Sekarang itu bukan lima dapil, sekarang sudah enam dapil,” ujar Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri, Jumat (31/3/2023).

Dalam kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut, KPUD Garut mengumumkan formasi dapil terbaru untuk Pemilu 2024.

“Nah kalau enam dapil berarti partai politik itu harus mempersiapkan calon anggota legislatif itu pada enam daerah pemilihan bukan lima lagi daerah pemilihan begitu,” kata dia menjelaskan.

Dengan formasi terbaru itu, seluruh Partai Politik (Parpol) dituntut menyiapkan komposisi caleg yang diprediksi mampu menarik minat pemilih pada pemilu 2024.

“Biasanya yang sulit itu adalah keterwakilan perempuan, jadi nanti calon anggota DPR kabupaten Garut itu harus diisi ya oleh partai politik itu di 6 daerah pemilihan,” ujarnya.

Dibanding pemilu sebelumnya, hadirnya penambahan dapil baru termasuk penentuan nomor urut untuk Pemilu 2024 dimulai dari pusat pemerintahan yang berada di Kecamatan Tarogong Kidul.  

“Sehingga berubah kan sebelumnya dapil satu itu dari Garut Kota, sekarang dapil satu dimulai dari Tarogong Kidul, itu mulainya yang signifikan ya yang ekstremnya di situ,” kata dia.

Meskipun formasi dapil berubah, namun kursi yang diperebutkan tetap sebanyak 50 kursi, karena jumlah penduduk Garut itu masih di bawah tiga juta

Untuk selanjutnya, Ia meminta seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mensosialisasikan perubahan tersebut di wilayahnya masing-masing.

“Dari lima ke enam itu butuh waktu dan butuh proses, mudah-mudahan masyarakat secara umum sadar ya bahwa di Garut itu sudah terjadi perubahan daerah pemilihan,” kata dia.

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Komposisi Dapil Baru Pemilu 2024 di Garut

Berikut format terbaru 6 Dapil di Kabupaten Garut untuk Pemilu 2024, sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023 antara lain :

Dapil 1 terdiri dari Kecamatan Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Leles, Kadungora memperebutkan 9 kursi, kemudian Dapil 2 memperebutkan 9 kursi terdiri dari Kecamatan Leuwigoong, Cibatu, Kersamanah, Malangbong, Balubur Limbangan, Selaawi, Cibiuk.

Dapil 3 berisi 9 kursi, terdiri dari Kecamatan Garut Kota, Karangpawitan, Wanaraja, Sukawening, Karangtengah, Pangatikan, Sucinaraja, Dapil 4 sebanyak 8 kursi terdiri dari Kecamatan Samarang, Pasirwangi, Bayongbong, Cigedug dan Cilawu.

Dapil 5 sebanyak 8 kursi, terdiri dari Kecamatan Cisurupan, Sukaresmi, Cikajang, Banjarwangi, Singajaya, Cihurip, Peundeuy, Cisompet. Dapil 6 sebanyak 7 kursi terdiri dari Pameungpeuk,  Cibalong, Cikelet, Bungbulang, Mekarmukti, Pakenjeng, Pamulihan, Cisewu, Caringin, Talegong.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiemh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9yZWdpb25hbC9yZWFkLzUyNDkwODAvZm9ybWFzaS1kYXBpbC1wZW1pbHUtMjAyNC1kaS1nYXJ1dC1iZXJ1YmFoLW1lbmphZGktNi1kYXBpbC1jZWsta29tcG9zaXNpbnlh0gFwaHR0cHM6Ly93d3cubGlwdXRhbjYuY29tL2FtcC81MjQ5MDgwL2Zvcm1hc2ktZGFwaWwtcGVtaWx1LTIwMjQtZGktZ2FydXQtYmVydWJhaC1tZW5qYWRpLTYtZGFwaWwtY2VrLWtvbXBvc2lzaW55YQ?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Formasi Dapil Pemilu 2024 di Garut Berubah Menjadi 6 Dapil, Cek Komposisinya - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.