Search

JK: Zaman Orba, 5 Tahun Sebelum Pemilu Kita Sudah Tahu Hasilnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyentil kepemimpinan Soeharto di era orde baru saat meresmikan acara rumah pemilu Kompas, Kompas.com dan Kompas TV di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

"Kalau zaman Orba 5 tahun sebelum pemilu kita sudah tahu hasilnya siapa yang akan jadi presiden," kata JK disambut tawa para hadirin.

Namun, setelah reformasi, ia menilai bahwa pemilu sudah berlangsung dengan adil. Sebab, pemilihan presiden dilakukan langsung oleh rakyat, tak lagi lewat MPR.

Baca juga"Presidential Threshold" Dapat Memicu Pemilu Semakin Pragmatis

"Kalau sekarang, baru dua minggu setelah pemilu ketahuan hasilnya. Jadi menegangkan. Kalau dulu tidak menegangkan, tidak menarik lagi," ucap JK.

JK pun berharap Pemilu dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil yang berlangsung sejak era reformasi bisa terus berlangsung di Indonesia. Ia pun berterimakasih kepada Kompas, Kompas.com, dan Kompas TV yang telah menjadi media pengawal pemilu.

"Media dibutuhkan untuk memberi masyarakat pilihan yang baik," kata dia.


Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://nasional.kompas.com/read/2018/08/02/20410561/jk-zaman-orba-5-tahun-sebelum-pemilu-kita-sudah-tahu-hasilnya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "JK: Zaman Orba, 5 Tahun Sebelum Pemilu Kita Sudah Tahu Hasilnya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.