Search

Parlemen Bougainville akan tetapkan jadwal pemilu pekan ini - JUBI - JUBI

Parlemen Bougainville. – Bougainville News

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Parlemen Bougainville akan memutuskan jadwal pemilihan umum pada Kamis pekan ini.

Pemilu ini telah ditunda satu bulan, setelah pemerintah mengambil keputusan untuk tidak menerbitkan surat perintah penyelenggaraan pemilu Bougainville akibat Covid-19. Hal ini dilakukan setelah deklarasi pertama keadaan darurat karena virus corona, yang minggu lalu telah diperpanjang untuk dua bulan lagi.

Namun, Menteri Implementasi Perjanjian Perdamaian ABG, Albert Punghau, mengungkapkan bahwa banyak anggota parlemen (MP) ingin agar pemerintah yang baru segera dibentuk, paling tidak agar negosiasi tentang hasil referendum November lalu mengenai kemerdekaan Bougainville dari Papua Nugini dapat dimulai.

Kamis depan, pemerintah otonomi Bougainville akan bertemu dan Punghau mengatakan kemungkinan suatu keputusan akan diambil mengenai jadwal pemilu, yang, menurutnya, kemungkinan besar akan dimulai pada 8 Juni.

Pemilu dan kampanye akan dilangsungkan selama keadaan darurat, tetapi Punghau mengatakan semua caleg harus memperhatikan pentingnya menjaga jarak dan faktor-faktor lainnya untuk tetap mematuhi keadaan darurat.

Sementara itu, Presiden Pemerintah Otonomi Bougainville (ABG), John Momis, sedang mencari cara untuk menunda penerbitan surat perintah pemilu ABG mendatang.

Loading...

;

Ia ingin pemilu ditunda sambil menanti hasil penafsiran Mahkamah Agung PNG atas undang-undang yang, menurut tuduhannya, mungkin telah disalahgunakan oleh Ketua Parlemen ABG, Simon Pentanu. Momis meminta MA untuk menafsirkan apakah MP yang memegang kursi mantan pejuang Bougainville masih memenuhi syarat untuk memberikan suara dalam amendemen yang diusulkan setelah referendum dilakukan pada bulan November 2019. (RNZI)

Editor: Kristianto Galuwo

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://jubi.co.id/parlemen-bougainville-akan-tetapkan-jadwal-pemilu-pekan-ini/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Parlemen Bougainville akan tetapkan jadwal pemilu pekan ini - JUBI - JUBI"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.