Search

Korsel Gelar Pemilu di Tengah Pandemi Covid 19 - Medcom ID

Seoul: Korea Selatan menggelar pemilihan umum nasional di tengah pandemi penyakit virus korona (covid-19). Pemilu dijadwalkan berlangsung pada Rabu 15 April 2020, namun pemungutan suara dilakukan beberapa hari lebih awal. Korsel telah melakukan skema semacam itu sejak 2013 untuk meningkatkan jumlah pemilih.
 
Di waktu normal, pemilu Korsel pada Rabu besok mungkin akan didominasi isu lapangan pekerjaan, gaji, dan juga program nuklir Korea Utara. Namun saat ini, isu utama yang dibicarakan sepanjang masa kampanye adalah respons pemerintahan Korsel terhadap pandemi covid-19.
 
Seperti warga lainnya, Presiden Korsel Moon Jae-in tiba di tempat pemungutan suara dengan mengenakan masker. Ia tidak diperbolehkan menggunakan hak suara sebelum menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Moon baru boleh menggunakan hak suara setelah mencuci tangan dan memakai sarung tangan plastik.
 
Sejak Jumat pekan kemarin, lebih dari lima juta warga Korsel telah menggunakan hak pilih mereka.
 
Sejumlah survei mengindikasikan pandemi covid-19 tidak akan menyurutkan niat warga untuk mengikuti pemilu dalam memilih wakil mereka di Majelis Nasional Korsel. Diperkirakan tingkat partisipasi warga dalam pemilu kali ini akan mencetak rekor, meski digelar di tengah pandemi.
 
Korsel mendapat pujian dari Organisasi Kesehatan Dunia atas kesuksesannya mengendalikan penyebaran covid-19. Belasan pemimpin dunia telah meminta saran dari Seoul mengenai langkah karantina dan juga peralatan tes covid-19.
 
Hampir 60 persen responden dalam sejumlah survei di Korsel mengapresiasi kinerja Moon terhadap pandemi covid-19.
 
"Dalam situasi bencana atau krisis nasional, kubu penguasa biasanya bersifat defensif. Tapi tren penurunan di tengah wabah ini justru menguntungkan mereka," kata Yang Seung-ham, profesor sains politik dari Universitas Yonsei di Seoul, disitir dari Guardian, Selasa 14 April 2020.
 
Pemerintahan Moon telah berhasil menekan angka infeksi harian covid-19 sekitar 50 atau di bawahnya. Pada akhir Februari, infeksi harian covid-19 di Korsel mencapai puncaknya di angka 900 lebih.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Selasa ini, total infeksi covid-19 di Korsel mencapai 10.564 dengan 222 kematian dan 7.534 pasien sembuh.
 

(WIL)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.medcom.id/internasional/asia-pasifik/ZkeBBnAK-korsel-gelar-pemilu-di-tengah-pandemi-covid-19

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korsel Gelar Pemilu di Tengah Pandemi Covid 19 - Medcom ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.