Search

Facebook & IG Bikin Fitur Lokasi Untuk Pemilu Demi Cegah Hoax Politik - detikInet

Jakarta -

Saat masa pemilu akan banyak postingan berita di media sosial dan hal ini akan sulit diketahui dari mana postingan tersebut berasal.

Dalam beberapa tahun terakhir telah dilihat bagaimana beberapa entitas pihak asing berusaha mengganggu pemilu di suatu negara dengan menyebarkan informasi yang salah dengan menggunakan akun dan halaman palsu agar seolah-olah postingan tersebut berasal dari negara tempat pemilu berlangsung.

Untuk mengatasi hal tersebut, Facebook telah mengumumkan akan memulai menguji fitur untuk aplikasi di Facebook dan Instagram guna membantu mengidentifikasi dari mana postingan tersebut berasal.

Fitur Facebook Lokasi.Fitur Facebook Lokasi. Foto: Facebook

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo fitur ini akan datang berupa label lokasi tempat potingan dan halaman yang tidak berbasis di Amerika Serikat akan diberi label sesuai lokasi mereka.

Artinya jika ada postingan viral dibagikan secara luas oleh pengguna Amerika Serikat tapi bukan sebenarnya bukan dari AS maka postingan tersebut akan dilabeli lokasi aslinya.

Ini berarti pengguna akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang dari mana postingan tersebut berasal dan kemudian pengguna juga dapat membuat keputusan sendiri apakah postingan tersebut salah atau merupakan postingan entitas asing yang mencoba mengadu domba.

"Kami ingin memastikan orang menggunakan layanan kami secara otentik dan dapat memahami siapa yang ada di balik pos yang mereka lihat. Ini sangat penting ketika menyangkut pemilihan, jadi kami mengambil langkah-langkah tambahan untuk membuat halaman dan akun dengan audiensi besar lebih transparan. " ujar Facebook.

Fitur ini akan diujicobakan di Amerika Serikat dan diharapkan dapat meluas ke negara-negara lain.

Simak Video "Pandemi Corona, Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://inet.detik.com/mobile-apps/d-4988923/facebook--ig-bikin-fitur-lokasi-untuk-pemilu-demi-cegah-hoax-politik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Facebook & IG Bikin Fitur Lokasi Untuk Pemilu Demi Cegah Hoax Politik - detikInet"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.