Search

Jumlah Pemilih di Kab Probolinggo Naik usai Pemilu - Jawa Pos

KRAKSAAN, Radar Bromo – Pasca Pemilu 2019 April tahun lalu, jumlah pemilih di Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, hingga Maret lalu mencatat, data warga yang memiliki hak suara dalam pemilu saat ini mencapai 885 ribu lebih.

Komisioner KPU setempat Zamroni mengatakan, hingga kini data pemilih berkelanjutan yang ada di Kabupaten Probolinggo mencapai 885.614 orang. Hal ini mengalami peningkatan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu tahun lalu yang angkanya mencapai 884.636.

“KPU Jatim di Divisi Data memang meminta laporan data pemilih berkelanjutan setiap bulannya dari Januari lalu. Sampai kini ada tambahan 978 orang untuk data pemilih berkelanjutannya,” kata Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data tersebut.

Sedangkan dalam pendataannya, KPU setempat memiliki kendala. Hal itu disebabkan, kerja sama dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) setempat terbentur peraturan dari Kemendagri yang tidak membolehkan pihak Disukcapil untuk memberikan data ke pihak lain. Pihaknya pun tidak bisa memastikan data tersebut merupakan angka pasti dari data pemilih yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Kami meminta data warga yang telah melakukan perekaman e-KTP, namun karena terbentur peraturan dari Kemendagri bahwa data itu tidak boleh disebarkan ke pihak lain. Akhirnya, yang kami dapat hanya angka saja, tidak dengan by name by address-nya,” ujarnya.

Selain hal tersebut, kendala lain yang dialami pihaknya dalam melakukan pendataan terhadap data pemlih berkelanjutan itu adalah minimnya laporan akan adanya warga yang berpindah domisili. Ataupun yang sudah meninggal dunia.

“Makanya kami akan terus melakukan pendataan untuk memperbaiki data yang ada sekaligus mengawal perubahan data pemilih yang ada di sini,” ujarnya. (mg1/fun)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://radarbromo.jawapos.com/kraksaan/27/04/2020/jumlah-pemilih-di-kab-probolinggo-naik-usai-pemilu/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jumlah Pemilih di Kab Probolinggo Naik usai Pemilu - Jawa Pos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.