Search

Ganjar-Cak Imin Bertemu, PDIP Harap Bisa Kembali Bersama PKB di Pemilu - detikNews

Jakarta -

Ketua DPP PDI Perjuangan MH Said Abdullah angkat bicara terkait pertemuan Ganjar Pranowo dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin. Menurutnya, peristiwa merupakan sinyal dukungan PKB terhadap Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, dalam pertemuan tersebut, Ganjar sempat minum teh bareng bersama Gus Muhaimin sekaligus memberikan sepasang burung Lovebird dengan corak warna merah hijau.

"Tentu saja dari sejarah pertemanan yang panjang ini Gus Muhaimin dan PKB tergerak hati untuk mendukung Mas Ganjar. Meskipun soal dukung mendukung apalagi dalam menentukan hal penting dalam kepemimpinan nasional tidak cukup hanya modal pertemanan, lebih dari itu ada rekam jejak, prestasi kerja, dan dukungan rakyat. Saya kira Gus Muhaimin akan sangat mempertimbangkan untuk mendukung Mas Ganjar," kata Said Abdullah dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/8/2023).

Ia mengatakan hal itu didasari juga oleh survei Indikator Politik yang menyebutkan banyak pemilih PKB mendukung Ganjar Pranowo dibandingkan bakal calon presiden (bacapres) lainnya seperti Prabowo dan Anies Baswedan.

Ganjar Pranowo dan Cak IminGanjar Pranowo dan Cak Imin Foto: dok. Istimewa

"Apalagi jika kita mengacu pada survei yang baru saja dirilis oleh Indikator Politik, sebanyak 40,3 persen pemilih PKB memilih Mas Ganjar, sementara yang memilih Pak Prabowo baru 30,5 persen dan Mas Anies Baswedan 25 persen," ungkapnya.

Menurutnya, data tersebut bisa menjadikan dasar untuk PKB memberikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

"Kehendak pemilih PKB ini saya kira akan menjadi bahan evaluasi bagi Gus Muhaimin untuk memantapkan langkah mendukung Mas Ganjar. Apalagi basis pemilih PKB dan PDI Perjuangan itu memiliki karakter yang sama. Segmen terbesarnya ada di kalangan bawah, kelompok wong cilik," jelasnya.

Ia mengatakan, secara kedekatan, kedua tokoh tersebut memiliki perjalanan pertemanan yang cukup panjang. Oleh karena itu, ia menilai peristiwa tersebut merupakan bagian dari pertemuan antara dua sahabat.

"Mereka pernah sama sama menjadi anggota DPR di tahun 2009, sebelum Ganjar Pranowo di tugaskan Ibu Ketua Umum mengikuti Pilgub Jateng 2013. Jadi sesungguhnya Mas Ganjar dan Gus Muhaimin itu teman lama. Apalagi mereka juga sama sama pernah kuliah bareng di FISIPOl UGM," tuturnya.

"Jadi kalau Gus Muhaimin dan Mas Ganjar gampang ketemu, dan mudah ngeklik itu karena memang mereka berdua memiliki sejarah pertemanan sejak mahasiswa, berlanjut hingga ke DPR," sambungnya.

Ia berharap pada Pemilu 2024, PKB bisa kembali bersama dengan PDIP seperti yang terjadi pada 2014 dan 2019 lalu.

"Natur politik ini juga akan memudahkan PDI Perjuangan dan PKB dalam satu barisan di pemilu 2024. Semoga saja PKB menjadi bagian dari parpol yang bersama PDI Perjuangan memenangkan capres yang sama, seperti yang terjadi pada 2014 dan 2019," tutupnya.

Simak Video: Ganjar-Cak Imin Bertemu, Ini Respons Partai Gerindra

[Gambas:Video 20detik]

(anl/ega)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMibWh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNjg4NDY2MC9nYW5qYXItY2FrLWltaW4tYmVydGVtdS1wZGlwLWhhcmFwLWJpc2Eta2VtYmFsaS1iZXJzYW1hLXBrYi1kaS1wZW1pbHXSAXFodHRwczovL25ld3MuZGV0aWsuY29tL3BlbWlsdS9kLTY4ODQ2NjAvZ2FuamFyLWNhay1pbWluLWJlcnRlbXUtcGRpcC1oYXJhcC1iaXNhLWtlbWJhbGktYmVyc2FtYS1wa2ItZGktcGVtaWx1L2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ganjar-Cak Imin Bertemu, PDIP Harap Bisa Kembali Bersama PKB di Pemilu - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.