Search

Kampanye Pemilu, 250 Ribu Pendukung Hun Sen Penuhi Ibukota

TEMPO.CO, Jakarta -  Sekitar 250 ribu pendukung partai berkuasa, Partai Rakyat Kamboja atau CPP memenuhi Phnom Penh, setelah menghadiri pidato Hun Sen di hari terakhir masa kampanye pemilu hari Jumat, 27 Juli 2018.

Rakyat Kamboja akan memberikan suaranya dalam pemilu yang digelar pada hari Minggu, 29 Juli.

Baca: Pasukan Antihuru-hara Kamboja Pamer Kekuatan Menjelang Pemilu

Para pendukung partai berkuasa mengenakan T shirt putih dan biru dengan topi senada membawa bendera partai dan bendera Kamboja mengitari jalan-jalan di kota Phnom Penh setelah mendengarkan pidato berapi-api Perdana Menteri Hun Sen.

Hu Sen melambaikan tangannya dan tersenyum ke arah ribuan pendukungnya. Ia tampaknya yakin akan memenangkan kembali pemilu Kamboja.

CPP yakin akan meraih kemenangan mutlak dengan ketiadaan partai oposisi utama Kamboja yang sudah tereliminasi, yakni CNRP.

Baca: Ini Janji Kampanye Hun Sen pada Pemilu Kamboja

Pemimpin oposisi Kamboja yang tinggal di pengasingan sebagai eksil, Sam Rainsy menyerukan boikot pemilu Kamboja yang akan melanggengkan kekuasaan Hun Sen. Ia menyebut pemilu sebagai palsu.

"Saya mendesak masyarakat agar tidak memilih dan memboikot pemilu palsu ini," kata Sam Rainsy seperti dikutip dari Reuters, 19 Juli 2018.

Sam Rainsy juga menyerukan agar negara-negara Barat menekan Hun Sen dengan menjatuhkan sanksi kepad perdana menteri tersebut.

"Hun Sen sangat takut. Dia siap melakukan apa saja untuk mempertahankan kekuasaan sehingga dia tidak ragu-ragu menekan seluruh hak rakyat Kmaboja. Pemilu tanpa oposisi tidak ada artinya," kata Sam Rainsy.

Baca: Pemilu Tidak Adil, Warga Kamboja Desak Jepang Hentikan Bantuan

Hun Sen memimpin Kamboja untuk pertama kali tahun 1985 hingga saat ini. Jika dia memenangkan pemilu tahun ini, maka Hun Sen menjadi kepala pemerintahan terlama di ASEAN bahkan di Asia.

Masa Hun Sen berkuasa akan semakin panjang karena ia telah berjanji akan memerintah Kamboja untuk 10 tahun ke depan, yang artinya Hun Sen akan berkuasa lebih dari 4 dekade lamanya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://dunia.tempo.co/read/1111076/kampanye-pemilu-250-ribu-pendukung-hun-sen-penuhi-ibukota

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kampanye Pemilu, 250 Ribu Pendukung Hun Sen Penuhi Ibukota"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.