Search

Bertemu Presiden, Bawaslu Dorong Netralitas ASN dan TNI/Polri ...

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerima audiensi Ketua dan Anggota Bawaslu, di Istana Bogor, pada Selasa (24/7/2018).

Di audiensi itu, Bawaslu mendorong komitmen Presiden Jokowi agar mengajak semua pihak, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri di lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif agar netral selama penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Bawaslu menilai, netralitas para pihak penting untuk menjaga kualitas dan integritas proses dan hasil pemilu," ujar Ketua Bawaslu RI, Abhan, dalam keterangannya, pada Selasa (24/7/2018).

Di kesempatan itu, Bawaslu menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan pengawasan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Soal hasil pengawasan dan penanganan pelanggaran Pilkada 2018, Bawaslu menyampaikan, pengawas pemilu di semua tingkat telah menangangani dugaan pelanggaran.

Total dugaan pelanggaran dari hasil temuan dan laporan) yang ditangani selama penyelenggaraan pilkada sebanyak pelanggaran 3.567.

Adapun, penjabarannya 262 pelanggaran pidana, 990 dugaan pelanggaran administrasi, dan pelanggaran lain sebanyak 685, bukan pelanggaran 696 dan dalam proses 825. Dari jumlah tersebut terdapat kasus pelanggaran netralitas ASN sebanyak 721.

Dari 262 pelanggaran pidana, 51 di antaranya sudah diperiksa dan diputus final dan mengikat oleh pengadilan. Angka tersebut termasuk tiga kasus politik uang di Kabupaten Kuningan, Penajam Pasir Utara dan Temanggung.

Adapun dalam penyelenggaraan Pilkada 2018, Bawaslu menerima 94 permohonan sengketa dengan rincian, 6 permohonan tidak diregister dan 88 diselesaikan hingga keluar putusan sengketa oleh pengawas pemilu.

Dari 94 perkara yang dimohonkan tersebut, 28 adalah sengketa pada tahapan sebelum penetapan calon dan 66 merupakan sengketa pada tahapan setelah penetapan calon kepala daerah.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/24/bertemu-presiden-bawaslu-dorong-netralitas-asn-dan-tnipolri-dalam-pemilu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bertemu Presiden, Bawaslu Dorong Netralitas ASN dan TNI/Polri ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.