Search

Kehadiran Polisi RW, KPU Sebut Bisa Jaga Ketertiban Masyarakat Jelang Pemilu 2024 | merdeka.com - Merdeka.com

Kehadiran Polisi RW, KPU Sebut Bisa Jaga Ketertiban Masyarakat Jelang Pemilu 2024 Anggota KPU RI Idham Holik. ©2023 Antara

Merdeka.com - Program 'Polisi RW' yang digencarkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk hadir di seluruh daerah turut mendapat respon positif. Seperti disampaikan Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik.

"Terkait program tersebut kami mengapresiasi kebijakan strategis dari Kapolri yang menunjukan bahwa lingkungan masyarakat itu senantiasa dalam kondisi aman dan harmonis," katanya saat dihubungi, Rabu (24/5).

taboola mid article

Menurutnya, kehadiran Polisi RW bisa menjaga ketertiban masyarakat menjelang Pemilu 2024 nanti. Sehingga dapat menciptakan kondusifitas dan harmonisasi di lingkungan masyarakat.

"Karena hal itu (Polisi RW) dapat dirasakan, untuk kepentingan menciptakan ketertiban di masyarakat yang aman, kondusif dan harmonis. Kami sangat mengapresiasi kebijakan tersebut," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Sebab, kata Idham, penyelenggara Pemilu 2024 adalah amanah konstitusi dalam menjaga demokrasi Indonesia. Artinya penyelenggara Pemilu adalah untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Saya sangat meyakinkan seluruh lembaga negara. Termasuk juga Polri itu akan mendukung Pemilu serentak 2024. Apalagi KPU sudah menandatangani nota kesepakatan atau MOU antara KPU dengan Polri," ucapnya.

"Dalam UU Pemilu, dijelaskan secara eksplisit bahwa Polri memiliki kewenangan untuk melakukan pengamanan situasi penyelenggaraan pemilu," tambah Idham.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya akan mengembangkan program polisi RW di seluruh wilayah Indonesia. Dia menjelaskan, hal itu guna merealisasikan satu Bhabinkamtibmas satu desa/kelurahan.

"Guna memenuhi jumlah Bhabimkatibmas Kami mencoba kembangkan Polisi RW yang saat ini telah dilaksanakan di Polda Metro Jaya," katanya dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI, di Senayan, Jakarta, Rabu (12/4).

3 dari 3 halaman

Dia memaparkan dalam program polisi RW, nantinya akan ditempatkan personel polri dari berbagai fungsi kepolisian di setiap RW berdasarkan alamat tempat tinggal masing-masing personel Polri.

Penempatan personel polri tersebut, untuk meningkatkan dan ketertiban dalam rangka kepada masyarakat.

"Kami harapkan melalui kehadiran polisi RW mampu meningkatkan interaksi polisi dengan masyarakat untuk memecahkan masalah bersama di lingkungan RW," ujarnya.

Lebih lanjut, Listyo menyebut, berbagai kegiatan polisi RW akan dilaporkan melalui aplikasi Ada Polisi. Sehingga dapat menjadi bahan analisa Kasatker maupun Kasatwil.

"Ke depan, program Polisi RW akan kami kembangkan di seluruh wilayah Indonesia sehingga diharapkan mampu mengcover terkait dengan kebutuhan Bhabinkamtibmas. Sehingga peran dan fungsi Bhabinkamtibmas bisa terbantu oleh program polisi RW," tutupnya. [fik]

Baca juga:
Polisi RW Dinilai Bisa Cegah Polarisasi Jelang Pemilu 2024
Polisi RW, Program Kapolri yang Bisa Dekatkan Masyarakat dengan Polri
Sebar Polisi ke Setiap RW, Ini Penjelasan Kabaharkam
Intip Tugas Polisi RW di Jawa Barat, Jaga Keamanan Lingkungan dan Kondusifkan Pemilu
Kabupaten Bogor Kini Punya 1.200 Polisi RW, Ini Sederet Tugasnya

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMid2h0dHBzOi8vd3d3Lm1lcmRla2EuY29tL3BlcmlzdGl3YS9rZWhhZGlyYW4tcG9saXNpLXJ3LWtwdS1zZWJ1dC1iaXNhLWphZ2Eta2V0ZXJ0aWJhbi1tYXN5YXJha2F0LWplbGFuZy1wZW1pbHUtMjAyNC5odG1s0gF7aHR0cHM6Ly93d3cubWVyZGVrYS5jb20vYW1wL3BlcmlzdGl3YS9rZWhhZGlyYW4tcG9saXNpLXJ3LWtwdS1zZWJ1dC1iaXNhLWphZ2Eta2V0ZXJ0aWJhbi1tYXN5YXJha2F0LWplbGFuZy1wZW1pbHUtMjAyNC5odG1s?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kehadiran Polisi RW, KPU Sebut Bisa Jaga Ketertiban Masyarakat Jelang Pemilu 2024 | merdeka.com - Merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.