Search

Tujuan Pemilu di Indonesia Beserta Pengertian dan Fungsinya, Wajib Diketahui - merdeka.com

Merdeka.com - Demokrasi adalah konsep politik yang umum diterapkan oleh banyak negara modern di seluruh dunia. Konsep ini menekankan pada prinsip kedaulatan rakyat dan pemenuhan hak-hak politik warga negara. Perwujudan demokrasi salah satunya diwujudkan melalui terselenggaranya pemilihan umum sebagai sarana legalitas dan legitimasi suksesi pemerintahan.

Pemilihan umum menurut pandangan Syamsudin Haris dalam bukunya Partai, Pemilu, dan Parlemen Era Reformasi (2014) merupakan salah satu bentuk pendidikan politik bagi rakyat, yang bersifat langsung, terbuka, massal, yang diharapkan bisa mencerdaskan pemahaman politik dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai demokrasi.

Veri Junaidi dalam Jurnal Konstitusi menyatakan pemilu dan demokrasi merupakan suatu “qonditio sine qua non”, the one can not exist without the others. Dalam arti bahwa pemilu dimaknai sebagai prosedur untuk mencapai demokrasi atau merupakan prosedur untuk memindahkan kedaulatan rakyat kepada kandidat tertentu untuk menduduki jabatan-jabatan politik.

Jadi, penyelenggaraan pemilu dalam suatu negara merupakan penyaluran hak-hak politik warga negara, mewujudkan kedaulatan rakyat, serta sarana untuk menyukseskan peralihan pemerintahan berdasarkan hukum. Berikut adalah pengertian lebih lanjut mengenai apa itu pemilu dan apa tujuan pemilu di Indonesia yang wajib dipahami.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.merdeka.com/jatim/tujuan-pemilu-di-indonesia-beserta-pengertian-dan-fungsinya-wajib-diketahui-kln.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tujuan Pemilu di Indonesia Beserta Pengertian dan Fungsinya, Wajib Diketahui - merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.