Search

Perjalanan Karier Kamala Harris, 'Obama Kedua' di Pemilu AS - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Calon wakil presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Kamala Harris akan melawan cawapres petahana Mike Pence dalam debat pilpres di Salt Lake City, Rabu (7/10) malam waktu lokal.

Kamala Devi Harris lahir pada 1964 dari ayah keturunan Jamaika dan ibu keturunan India.

Setelah memperoleh gelar sarjana dari Howard University dan hukum dari Sekolah Tinggi Hukum Hastings, University of California, Harris memulai karier di Kantor Kejaksaan Distrik Alameda County.


Melansir Canberra Times, calon wapres Joe Biden itu memenangkan pemilihan pertamanya pada 2003 menjadi jaksa wilayah San Fransisco.

Di era itu, dia membuat program re-entry bagi pelanggar narkoba pemula untuk mendapatkan ijazah sekolah menengah atas dan mendapatkan pekerjaan. Dia juga menindak mahasiswa yang membolos.

Pada 2010, dia terpilih sebagai jaksa agung California, menjadikannya wanita dan orang kulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut.

Kala itu, dia menolak membela proposisi delapan negara bagian yang melarang pernikahan sesama jenis, tapi kemudian dibatalkan oleh Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Pada 2016, dia terpilih menjadi Senat dan dengan cepat mendapat perhatian atas pertanyaan tegasnya terhadap pejabat administrasi Donald Trump selama sesi dengar pendapat kongres.

Di Senat AS, dia memperkenalkan dan mensponsori undang-undang untuk menaikkan gaji bagi pekerja, mereformasi sistem peradilan pidana yang rusak.

Dia juga membuat perawatan kesehatan menjadi hak bagi semua orang Amerika, mengatasi epidemi penyalahgunaan zat, mendukung veteran dan keluarga militer, dan memperluas akses ke perawatan anak untuk orangtua yang bekerja.

Melansir situs resmi Kamala D. Harris Senator California, pada 2017, dia dilantik sebagai Senator AS untuk California, menjadikannya sebagai wanita Afrika-Amerika kedua dan senator Asia-Amerika pertama dalam sejarah.

Harris bertugas di Komite Keamanan dalam Negeri dan Urusan Pemerintah, Komite Intelijen Seleksi, Komite Kehakiman, dan Komite Anggaran. Saat ini, Harris menetap di Los Angeles bersama suaminya, Doug Emhoff.

Obama Kedua

Mengutip CNN, seperti halnya mantan presiden Barack Obama yang lahir dari ras campuran, Kamala Devi Harris juga terlahir sebagai anak keturunan imigran Jamaika-India.

Ibunya, Shyamala Gopalan merupakan kelahiran Chennai, India yang menjadi imigran AS untuk melanjutkan program doktoral di UC Berkeley.

Memiliki ras campuran membuat Harris terhubung dengan identitas yang berbeda dan menjangkau banyak audiens dan blok pemungutan suara.

Setelah kedua orang tuanya bercerai, Harris dan adiknya Maya ikut ibunya pindah ke Kanada. Gopalan bekerja sebagai staf pengajar di McGill Univesity dan melanjutkan risetnya mengenai kanker payudara di RS Umum Jewish di Montreal.

Harris memiliki hubungan yang dekat dengan ibunya. Dalam berbagai kesempatan ia kerap memuji kemampuan sang ibu sebagai orang tua tunggal membesarkan kedua anaknya.

"Ibuku, dia membesarkan adikku Maya dan aku, dan dia tangguh," kata Harris tentang ibunya dalam sebuah wawancara.

Harris melanjutkan studinya di Howard University, Washington DC dan bergabung dengan Alpha Kappa Alpha Sorority, organisasi perkumpulan Yunani Afrika-Amerika.

Tak dinyana, kariernya di bidang hukum justru membawanya lebih jauh ke dunia politik.

Perempuan berusia 55 tahun ini memulai kariernya di dunia politik sebagai senator junior untuk California pada 2017. Ia sebelumnya menjalani karier di bidang hukum sebagai pengacara hingga dipilih menjadi jaksa agung California ke-32 dari 2011 hingga 2017 dan sempat menjadi jaksa distrik San Fransisco.

Harris menjadi perempuan pertama dan perempuan kulit hitam pertama yang menjabat sebagai aparat penegak hukum tertinggi di negara bagian. Tak hanya itu, ia juga menjadi perempuan kulit hitam pertama dari California yang bertugas di Senat AS dan kedua setelah Carol Moseley Braun dari Illinois.

Jika nantinya berhasil memenangkan pilpres melawan Trump, Harris akan menjadi perempuan pertama yang menduduki jabatan sebagai wakil presiden Amerika Serikat.

(ans/dea)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.cnnindonesia.com/internasional/20201007184025-134-555631/perjalanan-karier-kamala-harris-obama-kedua-di-pemilu-as

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perjalanan Karier Kamala Harris, 'Obama Kedua' di Pemilu AS - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.