Search

Pengamat Cemas Banyak KPPS Pilkada Meninggal seperti Pemilu - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Eksekutif Indonesian Democratic (IDE) Center, C. David Kaligis menyebut ada potensi Pilkada 2020 mengorbankan banyak jiwa dari kalangan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) seperti pada Pemilu 2019 lalu. Dia menilai beban kerja KPPS kali pada pilkada kali ini juga bakal berat.

Ia menilai pelaksanaan pilkada tahun 2020 di tengah pandemi virus corona (Covid 19) dapat menguras energi petugas sehingga berdampak pada kelelahan yang akut.

"Hal ini tentu dapat menyebabkan penyelenggara di tingkat bawah kelelahan dan melakukan kelalaian atau lebih jauh lagi tragedi penyelenggara yang tewas akibat kelelahan di Pemilu 2019 terulang kembali," kata David dalam keterangan resminya, Selasa (27/10).


David menyatakan potensi itu bisa terjadi lantaran pemungutan suara di 9 Desember 2020 akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Nantinya, akan banyak masyarakat yang hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak.

David menyatakan kejadian itu bisa menimbulkan antrean panjang yang akan mengakibatkan mundurnya waktu dalam proses pemungutan suara di TPS. Akibatnya, tugas KPPS jadi lebih banyak dan memakan waktu panjang untuk menyelesaikannya.

"Itu bisa berdampak pada pelanggaran teknis soal rentang waktu sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata dia.

Bila pemungutan suara molor, David memastikan tenaga penyelenggara di tingkat KPPS akan semakin terkuras. Terlebih, molornya waktu pemungutan suara di TPS-TPS tak bisa diprediksi oleh siapapun.

"Potensi terjadinya 'electoral frauds' yakni penyimpangan-penyimpangan pada proses pelaksanaan pilkada tahun 2020 di tengah Pandemi Covid 19 hampir dipastikan terjadi baik secara kasuistik maupun sporadik, bahkan dapat berkembang menjadi massif," kata David.

Diketahui, ratusan petugas penyelenggara pemilu dan polisi meninggal dunia dalam gelaran Pemilu 2019. Data menunjukkan petugas yang tewas mencapai 554 orang, baik dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun personel Polri.

(rzr/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201027234944-32-563555/pengamat-cemas-banyak-kpps-pilkada-meninggal-seperti-pemilu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengamat Cemas Banyak KPPS Pilkada Meninggal seperti Pemilu - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.