Search

Bawaslu Tekankan Pentingnya Penyelenggara Pemilu Jaga Perilaku - Okezone News

JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar mengingatkan jajaran penyelenggara, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Bawaslu sendiri untuk memperhatikan etika berperilaku dalam menjalankan tugas-tugas kepemiluannya.

Fritz beranggapan bahwa pemilu yang menjaga demokrasi bukan saja ditujukan kepada para peserta dan masyarakat saja. Akan tetapi, para penyelenggara juga mempunyai peran untuk menentukan proses kemurnian daripada proses demokrasi yang sedang dibangun.

"Oleh karena itu, maka perilaku kita juga menentukan arah kemana apakah proses (demokrasi) yang sedang kita bangun ini memiliki dampak atau tidak, dan itu saya rasa perlu menjadi perhatian kita bersama," kata Fritz dalam Webinar Nasional bertajuk 'Sosialisasi Etik Dalam Pencegahan Pelanggaran Kode Etik Pilkada Serentak 2020', Senin (19/10/2020).

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, Jumlah Maksimal Pemilih di TPS 500 Orang 

Dalam kaitan ini, dia meminta semua jajaran penyelenggara di setiap tingkatan, dari mulai pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota untuk memperhatikkan perilaku saat menjalankan tugas-tugasnya. Menurutnya, hal ini penting untuk menjaga kepercayaan publik atas pelaksanaan demokrasi di Indonesia.

"Jangan lupa bahwa kita adalah penyelenggara pemilu yang menjaga kepercyaaan rakyat. Ingatlah, jagalah profesionalitas, jagalah netralitas," ujarnya menegaskan.

"Artinya adalah campaign untuk pelaksanaan etika itu masih perlu kita tegakkan di internal kita sendiri, baik Bawaslu maupun KPU, karena itu bagian untuk menjaga proses pemilihan yang sedang berlangsung," tutur dia.

Baca Juga: Nomor HP Diretas OTK, Cabup Petahana Malang Lapor Polisi 

(Ari.-)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://nasional.okezone.com/read/2020/10/19/337/2295933/bawaslu-tekankan-pentingnya-penyelenggara-pemilu-jaga-perilaku

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bawaslu Tekankan Pentingnya Penyelenggara Pemilu Jaga Perilaku - Okezone News"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.