Search

Pemilu AS Selalu Digelar Tiap Selasa Pekan Awal November, Mengapa? - kumparan.com - kumparan.com

Ilustrasi kotak suara di Pemilu Amerika Serikat. Foto: Shutter Stock
Satu hal yang tidak pernah berubah sejak 1845 di Amerika Serikat, yaitu Pemilu selalu digelar hari Selasa pada pekan awal November. Seperti pada Pemilu tahun ini yang digelar pada Selasa, 3 November.

ADVERTISEMENT

Pada awalnya, setiap negara bagian memang diizinkan untuk mengadakan Pemilu kapan saja mereka mau, dalam jangka waktu 34 hari sebelum Rabu pertama bulan Desember.

Namun, sistem tersebut berjalan dengan banyak kelemahan. Hal ini disebabkan karena pada masa itu, warga Amerika yang mayoritas bermata pencaharian di bidang agraria selalu bertabrakan dengan kegiatan pertanian mereka.

Selain itu, melakukan voting di akhir pekan juga dinilai tidak praktis, karena kebanyakan mereka menghabiskan hari Minggu untuk beribadah di gereja.

Mengapa Harus di Hari Selasa Pekan Pertama November?

Seorang wanita mengenakan AS keluar dari bilik pemungutan suara di New York City di Brooklyn. Foto: Anthony Behar/Sipa USA/Reuters

Sebagai petani, hampir sepanjang tahun dihabiskan untuk melakukan proses panjang bercocok tanam. Mulai dari menanam, merawat, dan hingga panen.

Pada awal November, waktu panen telah usai dengan cuaca yang masih relatif sejuk. Sehingga dinilai sangat tepat untuk memberikan suara di pekan tersebut.

ADVERTISEMENT

Setelah pekan panjang dilalui untuk panen, Sabtu dan Minggu adalah waktu yang digunakan hanya untuk beristirahat dan beribadah di gereja. Sebab mayoritas warga Amerika beragama Kristen.

Alasan mengapa hari pemilihan tidak dilaksanakan di hari Rabu, karena di banyak daerah berbagai negara bagian, hari Rabu dijadikan sebagai Market Day. Hari yang sibuk untuk para petani menjual hasil panen mereka di kota.

Selain itu, tempat tinggal para petani letaknya jauh dari Tempat Pemilihan Suara (TPS), sehingga membutuhkan waktu perjalanan yang tidak sebentar. Untuk itu terkadang diperlukan hari perjalanan.

Jika mereka tidak dapat menggunakan hari Minggu atau Rabu sebagai hari perjalanan mereka, maka berarti hari pemilihan juga tidak bisa diselenggarakan pada hari Senin atau Kamis.

ADVERTISEMENT

Alasan hari pemilihan ditentukan sebagai hari Selasa setelah Senin pertama, juga untuk mencegah hari pemilu jatuh pada tanggal 1 November sebagai All Saint Day.

Mengutip situs Time and Date, All Saint day atau hari yang memperingati semua orang kudus, dianggap sakral bagi umat Kristen untuk menghormati para orang kudus yang telah mencapai surga.

Tanggal 1 November juga bertepatan dengan dilakukan hari pembukuan bagi para pedagang.

Dilansir Independent, akhirnya Pemerintah membuat kesepakatan yang disetujui melalui undang-undang 1845, terkait hari pemilihan tetap, yang menyatakan "bahwa para pemilih Presiden dan Wakil Presiden akan diangkat di setiap negara bagian pada hari Selasa berikutnya setelah hari Senin pertama di bulan November tahun di mana mereka akan diangkat."

ADVERTISEMENT

Sehingga secara resmi hari pemilihan ditetapkan pada Selasa di pekan awal November atau yang sering disebut Super Tuesday.

Di era ini, Pemilihan di bulan November pada Selasa Pertama Masih Efektif?

Penghitungan suara Pemilu 2019 yang berlangsung di Gedung KBRI di Washington DC, Amerika Serikat Foto: Dok. KBRI Washington DC

Seiring berjalannya waktu, mayoritas warga Amerika sangat beragam pekerjaannya.

Dilansir Payscale, dulunya hampir 72 persen tenaga kerja di Amerika memang bergerak di bidang agraria.

Namun sejak 1980-an, angka itu mulai turun menjadi hanya sekitar 2 persen. Data terakhir dari Layanan Riset Ekonomi Departemen Pertanian Amerika Serikat, pertanian dan industri terkait hanya menyediakan 10,9 persen lapangan kerja di Amerika Serikat.

Orang Amerika yang bekerja di luar industri pertanian harus bekerja di hari Selasa. Hal itu turut mengurangi jumlah sumbangan suara karena menurunnya tingkat partisipasi warga.

ADVERTISEMENT

Sebagian menginginkan hari pemilu diubah ke akhir pekan, sebagian lainnya mengusulkan untuk tetap di hari Selasa pertama November dengan menjadikannya hari libur nasional.

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://kumparan.com/kumparannews/pemilu-as-selalu-digelar-tiap-selasa-pekan-awal-november-mengapa-1uSs204Jje7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemilu AS Selalu Digelar Tiap Selasa Pekan Awal November, Mengapa? - kumparan.com - kumparan.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.