Search

Pemilu AS Fokus Covid-19 - SINDOnews.com

WASHINGTON - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden menegaskan Pemerintah AS perlu lebih fokus menanggulangi virus corona Covid-19, kemarin. Dia menilai kesehatan masyarakat harus menjadi prioritas.

Biden yang melakukan debat dengan lawan politiknya dari Partai Republik, Presiden Donald Trump, pada awal pekan lalu terbukti negatif Covid-19 dalam serangkaian tes swab yang dilaluinya. Sementara itu, Trump terbukti positif Covid-19 pada akhir pekan lalu. Atas kondisi itu, Biden dan istrinya terus melanjutkan kampanye di Florida. (Baca: Hidayah adalah Mengetahui Kebenaran)

Biden berulang kali mendoakan semoga Trump dapat segera pulih. Meski demikian, mantan wakil presiden AS itu bersama tim suksesnya menggunakan momen terinfeksi Trump sebagai kesempatan untuk mengampanyekan penanggulangan Covid-19. Biden diklaim sebagai calon pemimpin yang dapat mengatasi pandemi lebih baik dibandingkan Trump.

“Saya kira kehidupan merupakan sekolah yang memberikan banyak pelajaran. Saya dapat memahaminya dengan baik,” kata mantan Wakil Penasihat Keamanan Nasional AS Antony Blinken, dikutip Reuters. “Alarm penanggulangan sudah berbunyi sejak warga AS menjadi korban Covid-19. Semuanya belum terlambat, tapi perlu dikerjakan sekarang.”

Baca Juga:

Sebaliknya dari Biden, Trump bersama tim suksesnya sampai sekarang masih fokus memprioritaskan ekonomi. Awal pekan ini, Trump berdiri di atas kendaraan di luar rumah sakit untuk bertemu pendukungnya. Sejak Covid-19 mewabah di AS, Trump menyalahkan China karena dianggap gagal menangkalnya di Wuhan. Akibatnya, virus itu menyebar ke luar. (Baca juga: Masa Pendaftaran Beasiswa Unggulan Ditutup Hari Ini)

Sejumlah politisi, cendekiawan, dan tokoh elite AS juga menilai virus ini tidak semematikan yang dibayangkan. Faktanya, mayoritas korban tewas memiliki riwayat kesehatan yang buruk dan akut. Penasihat senior tim sukses Trump, Jason Miller, juga mengatakan penggunaan masker oleh Biden hanyalah alat politik untuk meraih dukungan.

Sejauh ini, jumlah kasus Covid-19 di AS mencapai 7,4 juta orang, 209.000 di antaranya tewas. Ahli strategi Kelly Dietrich, yang juga pendiri Komite Pelatihan Demokrasi Nasional, mengatakan isu Covid-19 dapat menjadi salah satu penentu kemenangan pemilihan presiden (pilpres) pada awal November mendatang. Sebab, skalanya sangat luas.

“Wabah Covid-19 telah memengaruhi semua warga AS, baik langsung ataupun tidak,” ujar Dietrich. Di Florida, Biden juga berbicara tentang pengutamaan kesehatan dan pemulihan ekonomi pascapandemi. Warga AS juga ada yang sudah “mencoblos” lebih awal. Proyek pilpres yang digawangi University of Florida telah menerima 3,3 juta suara. (Baca juga: Fadli Zon Ajak Presiden Jokowi Merenung)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://international.sindonews.com/read/187016/42/pemilu-as-fokus-covid-19-1601946603

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemilu AS Fokus Covid-19 - SINDOnews.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.