Search

Lanjutkan Tahapan Pilkada, Petugas Pemilu di Jatim Kemungkinan akan Dilengkapi APD - Surya

SURYA.co.id, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersiap melanjutkan tahapan pilkada serentak 2020 pada 15 Juni mendatang.

Karena pelaksanaan tahapan berlangsung di tengah pandemi covid-19, para petugas kemungkinan akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam, menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya tengah menunggu arahan dari KPU RI. "Semestinya, akan dilengkapi APD. Namun, kami masih menunggu detail teknisnya," kata Anam kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (27/5/2020).

Sejumlah tahapan pilkada yang akan dilanjutkan oleh penyelenggara memang mengharuskan penyelenggara bertemu dengan calon pemilih. Sebelumnya, Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Naafilah Astri menyebut empat tahapan terdekat yang akan dilaksanakan oleh penyelenggara.

Keempat tahapan ini seharusnya dijadwalkan terlaksana pada Maret hingga Mei lalu. Di antaranya, mulai pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS),verifikasi faktual bakal pasangan calon perseorangan, rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( PPDP), hingga pemutakhiran data pemilih.

Misalnya, verifikasi faktual bakal pasangan calon perseorangan. Tahapan ini mengharuskan penyelenggara mencocokkan dan meneliti secara langsung setiap nama pendukung untuk seluruh pendukung bakal pasangan calon.

Metodenya, bisa dengan mengumpulkan para pendukung pada tanggal dan waktu yang sama atau mendatangani alamat pendukung untuk membuktikan kebenaran dukungan terhadap bakal pasangan calon. Sementara itu, sejumlah daerah di Jawa Timur juga telah memiliki bakal calon perseorangan, termasuk di pilkada Surabaya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman dalam rapat kerja dengan Komisi II secara virtual, Rabu (27/5/2020), mengatakan pihaknya siap melaksanakan tahapan Pilkada yang akan dimulai pada Juni 2020. Namun, pelaksanaan tahapan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 akan membutuhkan penambahan anggaran karena adanya kebutuhan baru.

Arief mencontohkan soal penyediaan alat pelindung diri (APD) untuk para petugas penyelenggara pemilu. Di antaranya berupa masker, baju pelindung diri, sarung tangan, pelindung wajah, tong air, sabun cuci tangan, tisu hingga cairan disinfektan. 

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://surabaya.tribunnews.com/2020/05/27/lanjutkan-tahapan-pilkada-petugas-pemilu-di-jatim-kemungkinan-akan-dilengkapi-apd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lanjutkan Tahapan Pilkada, Petugas Pemilu di Jatim Kemungkinan akan Dilengkapi APD - Surya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.