Search

Penegasan Mensos soal Pencairan Bansos Januari-Februari Tak Terkait Pemilu - detikNews

Jakarta -

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menjelaskan tentang anggaran perlindungan sosial (Perlinsos) yang cair pada Januari hingga Februari 2024. Risma mengatakan pencairan itu sudah dilakukan sebelum dirinya menjadi Mensos.

Hal itu disampaikan Risma untuk menjawab pertanyaan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Enny Nurbaningsih dalam sidang, Jumat (5/4) kemarin. Risma menegaskan penyaluran bansos di awal tahun itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para penerima.

"Apakah memang di awal-awal tahun, itu mulai Januari, Februari, di mana saat-saat politik seperti itu, anggaran itu bisa dicairkan?" tanya hakim Enny.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Risma pun menjawab. Dia mengatakan bantuan itu diberikan untuk kebutuhan hidup masyarakat yang membutuhkan.

"Tadi sudah dijelaskan tentang awal tahun anggaran dicairkan ini bahkan sejak sebelum saya menjadi menteri," ujar Risma.

ADVERTISEMENT

"Itu pencairannya sudah bulan Januari karena memang tadi saya jelaskan teorinya kalau mereka itu tidak bisa memenuhi kebutuhan satu bulan untuk hidup itu mereka nggak bisa. Jadi makanya kita sangat harus disiplin untuk membantu mereka," sambungnya.

Risma juga menjawab pertanyaan Hakim MK Arief Hidayat soal bansos di Kemensos bukan berbentuk barang. Dia menyebut penyaluran bansos di Kemensos dalam bentuk transfer uang ke penerima.

"Kami akan menjawab pertanyaan Bapak Arief Hidayat. Bansos di Kementerian Sosial itu bentuknya cash transfer. Jadi tidak ada dalam bentuk barang atau natura. Jadi semua transfer ke rekening penerima manfaat 100 persen. Kecuali respons kasus, jadi ada yang sakit, ada yang disabilitas butuh bantuan, dan itu dia belum menerima bantuan sama sekali," jelasnya.

Tak Ada Program Ekstra Saat Pemilu

Selain itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga menegaskan bahwa pemerintah tidak memiliki ekstra program yang terkait dengan pemilu. Airlangga memastikan bansos diberikan ke masyarakat seperti tahun sebelumnya.

"Pertama kita konsentrasi kepada tupoksi masing-masing kementerian, jadi dalam pembahasan selalu fokus pekerjaan kementerian," ujar Airlangga

Dia mengatakan pembahasan mengenai pemilu dibahas di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dia menegaskan di sektor ekonomi tidak pernah membahas soal pemilu.

"Terkait dengan pemilu tentu dibahas di Kemendagri pembahasan dengan Kemendagri, jadi kalau di sektor tidak membahas terkait pemilu, demikian," kata Airlangga.

Ketua MK Suhartoyo pun kembali bertanya soal bantuan-bantuan sosial di beberapa titik wilayah. Suhartoyo bertanya apakah ada pembahasan terkait itu.

"Sebenarnya ini kaitan ketika ada ploting soal bantuan-bantuan tadi? Tidak ada?" tanya Suhartoyo.

Airlangga menegaskan bantuan itu terkait dengan El Nino yang sifatnya perbulan. Dia menyebut tidak ada ekstra program bantuan terkait pemilu.

"Bantuan ini kaitannya dengan El Nino, kembali lagi disampaikan Ibu Mensos program yang sifatnya selalu bulanan. Jadi tidak ada ekstra program yang terkait dengan pemilu tidak ada sama sekali. Semuanya sesuai dengan apa yang dilakukan setiap bulan dan setiap tahun," ungkapnya.

(zap/dhn)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzI4MTg1Ny9wZW5lZ2FzYW4tbWVuc29zLXNvYWwtcGVuY2FpcmFuLWJhbnNvcy1qYW51YXJpLWZlYnJ1YXJpLXRhay10ZXJrYWl0LXBlbWlsddIBdmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzI4MTg1Ny9wZW5lZ2FzYW4tbWVuc29zLXNvYWwtcGVuY2FpcmFuLWJhbnNvcy1qYW51YXJpLWZlYnJ1YXJpLXRhay10ZXJrYWl0LXBlbWlsdS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penegasan Mensos soal Pencairan Bansos Januari-Februari Tak Terkait Pemilu - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.