Search

KPU Parepare Ungkap 3 Parpol Tak Serahkan Laporan Dana Kampanye Pemilu 2024 - detikcom

Parepare -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkap tiga partai politik (parpol) dinyatakan tidak patuh karena tidak menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK ) maupun Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Tiga partai tersebut yakni Perindo, Garuda dan Buruh.

"Ada 2 parpol tidak menyerahkan LADK dan LPPDK, terus ada 1 parpol yang tidak menyerahkan LPPDK-nya dan 1 parpol telat menyerahkan LPPDK," kata Komisioner KPU Parepare Nur Islah kepada detikSulsel, Senin (15/4/2024).

Islah menyebut partai yang tidak menyerahkan LADK dan LPPDK adalah Partai Buruh dan Garuda sedangkan Perindo tidak menyerahkan LPPDK. Adapu partai yang telat menyerahkan LPPDK adalah PKN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Partai Buruh dan Garuda dianggap tidak patuh karena tidak menyerahkan LADK dan LPPDK. Terus Partai Perindo tidak patuh karena tidak memasukkan LPPDK dan partai PKN tidak patuh karena telat menyerahkan LPPDK-nya," rincinya.

Partai-partai tersebut nyaris mendapatkan sanksi berupa pembatalan atau tidak ditetapkan sebagai calon terpilih sebagaimana ditetapkan di Pasal 118 PKPU No. 18/2023. Namun karena Partai Buruh dan Garuda tidak punya caleg serta PKN dan Perindo calegnya tidak terpilih sehingga tidak mendapatkan sanksi.

ADVERTISEMENT

"Kebetulan yang tidak patuh soal penyerahan LADK dan LPPDK parpol yang tidak ada calegnya dan tidak terpilih calegnya (sehingga tidak terdampak sanksi)," terangnya.

Ia mengatakan, ada banyak faktor yang membuat parpol tersebut dinyatakan status tidak patuh. Namun penilaian ketidakpatuhan tersebut berasal dari kantor akuntan publik (KAP).

"Kalau terkait ketidakpatuhan bisa langsung ke partai yang bersangkutan ditanyakan sebab kami hanya menerima laporan," imbuhnya.

Simak Video "Kemenkes Catat 108 Petugas Pemilu Meninggal Dunia, Mayoritas Sakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/hsr)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMie2h0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9zdWxzZWwvcGFyZXBhcmUvZC03MjkzODA1L2twdS1wYXJlcGFyZS11bmdrYXAtMy1wYXJwb2wtdGFrLXNlcmFoa2FuLWxhcG9yYW4tZGFuYS1rYW1wYW55ZS1wZW1pbHUtMjAyNNIBf2h0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9zdWxzZWwvcGFyZXBhcmUvZC03MjkzODA1L2twdS1wYXJlcGFyZS11bmdrYXAtMy1wYXJwb2wtdGFrLXNlcmFoa2FuLWxhcG9yYW4tZGFuYS1rYW1wYW55ZS1wZW1pbHUtMjAyNC9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPU Parepare Ungkap 3 Parpol Tak Serahkan Laporan Dana Kampanye Pemilu 2024 - detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.