Search

Ma'ruf Ingatkan WNI di Luar Negeri Nyoblos Pemilu, Harap Kontestan Juga Fair - detikNews

Jeddah -

Wapres Ma'ruf Amin mengingatkan WNI di luar negeri untuk menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024. Dia mengatakan pemilu ini penting karena berkaitan bergantinya kepemimpinan.

"Saya kira pemilu ini sudah menjadi tugas kenegaraan, tugas konstitusional dan setiap 5 tahun pemilu ini menjadi penting karena saat ini akan terjadi pergantian kepemimpinan," kata Ma'ruf di KJRI Jeddah, dikutip Kamis (8/2/2024).

"Karena yang lama baik Bapak Presiden itu sudah tak lagi mencalonkan diri karena sesuai konstitusi sudah 2 kali dan saya tak mencalonkan diri walaupun saya masih mungkin secara konstitusi. Tapi saya sudah tak lagi ingin karena umur saya sudah cukup tua, sudah 81. Kalau nyalonkan lagi terlalu tua, karena itu kita ingin regenerasi," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma'ruf bersyukur kunjungannya ke KJRI mendapat penjelasan tentang persiapan Pemilu 2024 di Jeddah. Pemilu di Jeddah sendiri akan digelar 9 Februari.

Ma'ruf juga mengingatkan pentingnya pemilu yang jujur dan adil. Dia mengingatkan para kontestan untuk berkontestasi secara fair.

"Bahwa terjadi perbedaan saya kira itu keniscayaan, memilih itu pasti ada perbedaan dan kali ini ada 3 calonnya pasti ada yang nomor 1, nomor 2, nomor 3. Saya kira itu sesuatu yang niscaya karena itu harapan saya sekalipun terjadi perbedaan hasilnya selain legitimate hasilnya juga dapat diterima semua pihak," jelasnya.

"Oleh karena itu kita harap pada para kontestan juga berkontes secara fair, secara baik dan pada para petugas supaya menjalankan tugasnya, menjalankan Pemilu secara jujur dan adil. Pada masyarakat memilih nanti supaya betul-betul," jelas Ma'ruf.

Maruf pun mengingatkan lagi kalau perbedaan hal yang biasa dalam pemilu.

"Kalau berbeda pegang prinsip, 'lakum capresukum walana capresuna'. Kalau berbeda partai, 'lakum partaiukum walana partaiuna'. Saya kira tidak ada masalah perbedaan," katanya.

(idn/whn)

Ulasan Debat Pilpres 2024

Temukan analisa debat capres-cawapres pilihanmu hanya di detikpemilu!

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzE4MzgwNS9tYXJ1Zi1pbmdhdGthbi13bmktZGktbHVhci1uZWdlcmktbnlvYmxvcy1wZW1pbHUtaGFyYXAta29udGVzdGFuLWp1Z2EtZmFpctIBdmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzE4MzgwNS9tYXJ1Zi1pbmdhdGthbi13bmktZGktbHVhci1uZWdlcmktbnlvYmxvcy1wZW1pbHUtaGFyYXAta29udGVzdGFuLWp1Z2EtZmFpci9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ma'ruf Ingatkan WNI di Luar Negeri Nyoblos Pemilu, Harap Kontestan Juga Fair - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.