Search

Tiga Catatan Bawaslu untuk KPU soal Pelaksanaan Pemilu 2019 - detikNews

Jakarta -

Bawaslu memberi tiga catatan terhadap KPU terkait Pemilu 2019. Catatan pertama yakni kerap terjadinya ketegangan di antara penyelenggara pemilu dan partai politik selama Pemilu 2019.

"Keteganganya pertama ketika klarifikasi soal calon atau pendaftar pemilu, itu ketegangan pertama yang ramai, hubungan ketegangan dan lain-lain sejatinya untuk menjaga pemilu kita. Ketegangan misalnya ketika kita melakukan pengawasan daftar pemilih, ada 5 rekomendasi Bawaslu berbentuk surat yang kita sampaikan, 3 di antaranya adalah perbaikan, atau penundaan, 1,2, dan 3 dengan orientasinya adalah menjaga hak pilih," kata anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat pemaparan di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

"Ini jadi penyemangat peninjauan termasuk orang orang yang sudah punya hak pilih untuk menjadi pemilih, dan ini dinamika yang luar biasa, ada ketegangan tapi semua dilakukan dengan orientasi menyelamatkan hak pilih warga," imbuh dia.

Kendati demikian, Afifudin mengapresiasi adanya ketegangan itu. Menurut dia, adanya ketegangan menunjukkan pengawasan dalam pemilu berjalan dengan baik.

"Secara kelembagaan kami harus beri apresiasi kepada temen KPU, DKPP dalam sinergi hubungan antar lembaga yang mau tak mau diwarnai ketegangan. Kalau semua baik baik saja orang juga malah curiga, kok pengawas baik-baik aja sama yang diawasi," ujar Afifudin.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.detik.com/berita/d-4868997/tiga-catatan-bawaslu-untuk-kpu-soal-pelaksanaan-pemilu-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tiga Catatan Bawaslu untuk KPU soal Pelaksanaan Pemilu 2019 - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.