Search

Dukcapil Bogor Target Cetak 22 Ribu KTP Pemula Sebelum Pemilu 2024 - detikNews

Kota Bogor -

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, ada 22 ribu orang yang masuk kategori wajib KTP pemula di Kota Bogor. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bogor mentargetkan bisa mencetak 22 ribu KTP pemula sebelum Pemilu 2024 digelar.

"Hingga hari ini sudah 29 persen wajib KTP pemula yang telah direkam datanya, dari target 22 ribu e-KTP pemula di Kota Bogor. Wajib KTP pemula ini rata-rata pelajar yang usianya sudah 17 tahun," kata Dedie dalam keterangannya, Jumat (16/6/2023).

Dedie menyebut, perlu perhatian khusus bagi pelajar yang sudah wajib memiliki KTP. Sebab menurutnya, ketersediaan blanko e-KTP semakin hari terus berkurang, sementara mereka sudah harus memiliki identitas untuk kepentingan pengurusan izin, hingga kebutuhan terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2024.

"Diperlukan perhatian khusus bagi para pelajar yang merupakan para wajib KTP atau pemilik KTP pertama. Alasannya blanko E-KTP semakin hari semakin langka," terang Dedie.

"Wajib KTP bagi para wajib KTP pemula karena ketika menginjak 17 tahun mereka masuk kategori orang dewasa yang akan mengurus untuk keperluan SIM, ke bank, NPWP, paspor dan yang lainnya. Selain itu juga akan masuk dalam kategori pemilih pemula dalam Pemilu Serentak pada tahun 2024 nanti," tambahnya.

Untuk mencapai terget tersebut, Pemkot Bogor datangi sekolah-sekolah untuk bantu perekaman e-KTP untuk pelajar. Dedie berharap, program jemput bola itu memberikan kemudahan bagi para siswa SMA atau sederajat.

"Alhamdulillah selama program ini berjalan respon para siswa bagus. Walaupun pada awalnya para siswa belum menyadari pentingnya identitas pribadi," pungkasnya.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, program jemput bola dilakukan sampai akhir tahun 2023 atau sebelum pelaksanaan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024.

"Perekaman di sekolah-sekolah dilakukan sampai akhir tahun ini, atau minimal sebelum pemilu dilaksanakan. Untuk siswa yang belum 17 tahun dilaksanakan perekaman saja, sementara yang sudah memasuki 17 tahun direkam dan dicetak KTP-nya langsung," kata Ganjar.

(aik/aik)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiamh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNjc3NjM2OC9kdWtjYXBpbC1ib2dvci10YXJnZXQtY2V0YWstMjItcmlidS1rdHAtcGVtdWxhLXNlYmVsdW0tcGVtaWx1LTIwMjTSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dukcapil Bogor Target Cetak 22 Ribu KTP Pemula Sebelum Pemilu 2024 - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.