Search

KPU Brebes Ajarkan Tentang Pemilu pada Pelajar yang PKL - Pantura Post

BREBES – Meski saat ini tidak ada pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes tetap malakukan sosialisasi. Salah satunya terhadap siswa-siswi yang sedang Praktik Kerja Lapangan (PKL) di kantor KPU.

Dimulai sejak Senin, 9 Maret 2020 hingga sepekan ke depan, peserta PKL ini mendapat materi tentang kepemiluan dari para komisioner. Selain mengikuti kegiatan perkantoran sesuai jurusan masing-masing.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi mengatakan, sebagai tanggung jawab penyelenggara Pemilu, jajarannya tidak hanya berpedoman pada tahapan pemilu saja. Namun terus mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Meski KPU Kabupaten Brebes Brebes sedang tidak menangani Pilkada, namun kegiatan ini perlu dilakukan sebagai tanggung jawab moral kepada masyarakat. Khususnya kepada siswa-siswi yang merupakan pemilih pemula,” jelas Riza.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, Riza berharap mereka dapat memahami tugas dan kewajiban KPU sebagai penyelenggara pemilu. Selain itu, para pelajara bisa nelek politik dan ikut berpartisipasi dalam pemilu. “Mereka harus melek politik sejak dini, jangan sampai apatis terhadap politik dan Pemilu,” kata Riza.

Sekretaris KPU Kabupaten Brebes, Bambang Yusnanto menambahkan, selama ini kantornya secara terbuka menerima siswa-siswi SMK yang akan PKL. Apalagi PKL bagi mereka merupakan suatu syarat untuk kelulusan. “Mereka PKL di KPU, ya harus tahu tentang Pemilu. Itu tugas komisioner untuk melakukan sosialisasi, sedangkan dari sekretariat mengajarkan administrasi perkantoran,” jelas Bambang.

Di kantor KPU, terdapat sejumlah siswa-siswi. Di antaranya dari SMKN 1 Brebes, SMKN 2 Songgom dan SMK Pusponegoro Jatibarang. Mereka berasal dari beberapa jurusan, seperti administrasi perkantoran, komputer jaringan dan lainnya.

Sosialisasi terhadap pelajar akan terus digencarkan oleh KPU. Pada awal semester tahun ajaran ini (Agustus – September) akan dilakukan kegiatan KPU Goes To School and Campus. (*)

Editor: Muhammad Abduh

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://panturapost.com/kpu-brebes-ajarkan-tentang-pemilu-pada-pelajar-yang-pkl/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPU Brebes Ajarkan Tentang Pemilu pada Pelajar yang PKL - Pantura Post"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.