Search

Tito Karnavian: KPU dan Bawaslu Faktor Utama Kelancaran Pemilu - Tribunnews

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mengatakan faktor utama kelancaran penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) berada pada pihak penyelenggara.

"Dari beberapa catatan survei, mungkin salah, faktor utama ketidaklancaran Pemilu itu dari faktor penyelenggara. Penyelenggara Pemilu harus netral, itu secara teori," kata Tito, saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Penyampaian laporan kinerja Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) tahun 2019 di Hotel Grand Mercure, Jakarta Utara, Sabtu (14/12/2019).

Baca: Pilkada 2020, Mendagri: Jangan Salah Pilih Pemimpin

Namun, kata dia, tidak mudah membuat penyelenggara pemilu mulai dari tingkat pusat hingga daerah berlaku netral.

Hal ini, karena KPU dan Bawaslu memiliki jaringan yang luas, mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, hingga Kelurahan.

"Tidak mudah menyeragamkan pemahaman orang-orang sebanyak itu," kata dia.

Dia menceritakan pengalaman waktu menjabat sebagai Kapolda Papua beberapa waktu lalu.

Dia mengaku sampai harus mengevakuasi jajaran KPU ke tempat aman karena menjadi sasaran massa.

Untuk itu, agar menjaga penyelenggara pemilu tetap profesional, maka diperlukan peran dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Peran DKPP sangat penting. Jumlah aduannya sangat banyak. Harus dijaga agar integritas DKPP bisa dihormati. DKPP juga harus berprinsip, kalau ada banyak kejadian berulang, berarti ada yang salah dalam sistem," kata dia.

Baca: Wapres Maruf Amin Pimpin Rapat Perdana Komite Pengarah Reformasi Birokrasi

Selain penyelenggara pemilu, faktor lainnya pendukung kelancaran penyelenggara pemilu, yaitu para kontestan, kesiapan pemerintah untuk mendukung sarana-prasarana, keamanan, dan media massa.

"Pemilu bisa sukses, kalau ada orkestrasi. Dan yang menjalankan peran ini menjalankan peran dengan baik, terutama penyelenggara pemilu," tambahnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.tribunnews.com/nasional/2019/12/14/tito-karnavian-kpu-dan-bawaslu-faktor-utama-kelancaran-pemilu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tito Karnavian: KPU dan Bawaslu Faktor Utama Kelancaran Pemilu - Tribunnews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.