Search

Kapolda Harapkan Pemilu 2024 di Sumut Kondusif Hingga Tahap Akhir - detikSumut

Medan -

Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi mengatakan bahwa Pemilu 2024 di Sumut berjalan baik dan kondusif. Dia berharap kondusivitas ini bisa terjadi hingga proses akhir pemilu.

"Proses perhitungan suara telah usai. Kini memasuki tahapan proses rekapitulasi suara yang dilakukan secara berjenjang mulai tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional," kata Agung saat Dialog Politik Pemilu 2024 di Fisip Universitas Sumatera Utara (USU), berdasarkan keterangan yang diterima detikSumut, Minggu (3/3/2024).

Jenderal bintang dua itu berharap jika ada permasalahan-permasalahan yang timbul, baiknya dapat diselesaikan dengan dialog.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Harapannya semua pihak dapat duduk bersama dan menjalin dialog, dengan mengedepankan kepentingan bangsa agar jalannya pembangunan yang selama ini sudah berjalan baik dapat ditingkatkan, begitu juga dengan prestasi-prestasi telah diraih saat ini dapat ditingkatkan," ujarnya.

Ada perwakilan sejumlah partai yang hadir dalam acara tersebut. Mereka juga menyampaikan pandangan terkait proses pemilu yang terjadi hari ini.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Sutarto mengatakan secara teknis Pemilu 2024 di Sumut, berjalan lancar. Hal itu ditandai dengan tidak adanya gesekan ataupun polarisasi yang tajam di tengah masyarakat karena perbedaan pilihan politik.

"Akan tetapi, terdapat beberapa catatan terkait kejadian-kejadian yang diduga mencederai proses demokrasi, khususnya pada kegiatan pra-TPS. Oleh karena itu, kejadian-kejadian tersebut dapat diusut melalui jalur MK serta jalur hak angket di DPR RI," ujar Sutarto.

Menurut Sutarto, hak politik wakil rakyat berupa angket ataupun interpelasi, juga harus dilakukan secara konstitusional di parlemen DPR RI. Dia mengatakan dalam melaksanakan fungsi pengawasan, DPR mempunyai tiga hak.

"Salah satunya adalah hak angket yang memperbolehkan DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan suatu undang-undang/kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Perwakilan DPW PKB Sumut Ita Julianti menyoroti terkait maraknya politik uang pada Pemilu 2024. Menurutnya hal tersebut sudah mencederai nilai-nilai demokrasi.

"Ke depan, antara sesama partai politik dan juga caleg harus sepakat secara bersama-sama untuk tidak melakukan money politics agar kualitas demokrasi kita juga semakin membaik," ungkapnya.

Sementara perwakilan DPD Gerindra Sumut Fadly mengemukakan bahwa kemenangan yang diraih Prabowo-Gibran adalah murni keputusan masyarakat. Meski begitu, dia menyebut tidak menutup kemungkinan pihak-pihak lain akan gugatan hasil pemilu itu, baik melalui jalur MK atau hak angket DPR.

"Akan tetapi, rakyat sudah memutuskan bahwa mandat mereka telah diberikan kepada Prabowo-Gibran," ujarnya.

Dekan FISIP USU Dr Hatta Ridho mengamini hal tersebut. Menurutnya jika ada pihak yang keberatan dengan hasil pemilu sebaiknya penyelesaian sengketa pemilu ditempuh secara konstitusional di MK.

"Sedangkan hak-hak politik anggota DPR terkait Pemilu juga diselesaikan di DPR," ungkap Hatta Ridho.

Muhammad Fajar, selaku Ketua KIPP Sumatera Utara mengungkapkan iklim politik yang kondusif di Sumatera Utara harus tetap dijaga dan dirawat. Dia turut mengatakan bahwa KIPP menaruh perhatian besar pada forum-forum diskusi politik maupun pemilu yang diadakan di kampus-kampus.

"Harapannya dapat memberikan pemahaman bersama atas pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia yang ke depannya akan semakin baik," pungkasnya.

Simak Video "Kemenkes Catat 108 Petugas Pemilu Meninggal Dunia, Mayoritas Sakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(nkm/nkm)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMid2h0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9zdW11dC9zdW11dC1iZXJjYWhheWEvZC03MjIyOTMwL2thcG9sZGEtaGFyYXBrYW4tcGVtaWx1LTIwMjQtZGktc3VtdXQta29uZHVzaWYtaGluZ2dhLXRhaGFwLWFraGly0gF7aHR0cHM6Ly93d3cuZGV0aWsuY29tL3N1bXV0L3N1bXV0LWJlcmNhaGF5YS9kLTcyMjI5MzAva2Fwb2xkYS1oYXJhcGthbi1wZW1pbHUtMjAyNC1kaS1zdW11dC1rb25kdXNpZi1oaW5nZ2EtdGFoYXAtYWtoaXIvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kapolda Harapkan Pemilu 2024 di Sumut Kondusif Hingga Tahap Akhir - detikSumut"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.