Search

Tito: Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada 2024 Tak Harus Serempak - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menilai pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2024 tak harus serentak. Ia menjelaskan pelantikan kepala daerah terpilih tergantung dari berakhirnya tahapan Pilkada di tiap wilayah.

Pandangan itu disampaikan karena ia memperkirakan ada kandidat yang akan mengajukan gugatan perselisihan hasil Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) pascaperhitungan suara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami berharap tentunya ini enggak terlalu lama, sehingga pejabat definitif terpilih, begitu definitif terpilih segera kami lantik. Jadi enggak harus waktunya serempak," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (24/6).

"Pengalaman misalnya di Kalimantan Selatan itu delapan bulan, di Yalimo itu terlama setahun tiga bulan karena diulang dari awal lagi," kata Tito.

ADVERTISEMENT

Di sisi lain, Tito mengatakan kemungkinan proses Pilkada akan rampung pada Desember 2024 hingga Januari 2025 jika tak ada gugatan ke MK.

[Gambas:Video CNN]

Oleh sebab itu, ia berharap nantinya Pilkada tak banyak sengketa yang diajukan ke MK. Sehingga, pelantikan kandidat terpilih bisa dilaksanakan secepatnya.

"Tapi kami harap, mudah-mudahan enggak banyak sengketa, mudah-mudahan. Sehingga pelantikannya akan cepat dan tidak jauh dengan masa pelantikan presiden terpilih," ucapnya.

Sebelumnya, MA mengubah ketentuan soal syarat usia calon kepala daerah lewat Putusan Nomor 23 P/HUM/2024.

Putusan itu mengubah aturan usia calon gubernur-calon wakil gubernur dari yang semula minimal berusia 30 tahun terhitung sejak penetapan pasangan, menjadi setelah pelantikan pasangan terpilih.

MA pun memerintahkan kepada KPU RI untuk mencabut Pasal 4 ayat (1) huruf d PKPU Nomor 9 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tersebut.

(rzr/chri)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMihAFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL25hc2lvbmFsLzIwMjQwNjI1MDAxNzU3LTYxNy0xMTEzNjU4L3RpdG8tcGVsYW50aWthbi1rZXBhbGEtZGFlcmFoLWhhc2lsLXBpbGthZGEtMjAyNC10YWstaGFydXMtc2VyZW1wYWvSAYgBaHR0cHM6Ly93d3cuY25uaW5kb25lc2lhLmNvbS9uYXNpb25hbC8yMDI0MDYyNTAwMTc1Ny02MTctMTExMzY1OC90aXRvLXBlbGFudGlrYW4ta2VwYWxhLWRhZXJhaC1oYXNpbC1waWxrYWRhLTIwMjQtdGFrLWhhcnVzLXNlcmVtcGFrL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tito: Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada 2024 Tak Harus Serempak - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.