Search

Mayoritas "Exit Poll" Isyaratkan Partai Modi Menangi Pemilu India 2024 - KOMPAS.com

NEW DELHI, KOMPAS.com - Mayoritas hasil survei terhadap para pemilih yang baru selesai mencoblos di bilik suara (exit poll) pada Sabtu (1/6/2024), mengisyaratkan aliansi Partai Bharatiya Janata pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi menang dalam Pemilu tujuh tahap di India.

Survei exit poll tersebut memperkirakan lebih dari 350 dari 543 kursi parlemen India dimenangkan Aliansi Demokratik Nasional yang berkuasa.

Penghitungan resmi sendiri baru akan dilakukan pada Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Katy Perry Bakal Tampil di Pesta Pranikah Putra Orang Terkaya di India

Sementara itu, aliansi oposisi INDIA, yang dipimpin Kongres Nasional India, diperkirakan memenangkan kurang dari 200 kursi pada pemilu ini.

Sebagaimana dikutip dari Antara, pemungutan suara untuk 57 daerah pemilihan parlemen terakhir telah diadakan pada Sabtu.

Komisi Pemilu India 2024 sebelumnya menyebutkan tahap terakhir ini menandai “penyelesaian besar maraton pemilu terbesar di dunia” yang dimulai pada 19 April.

Pemungutan suara telah dilakukan bagi 486 dari 543 kursi parlemen di seluruh negeri.

Pemilu kali ini pada dasarnya merupakan pertarungan antara Aliansi Demokratik Nasional, pimpinan Partai Bharatiya Janata yang berkuasa, dengan aliansi oposisi INDIA.

Saat pemungutan suara berakhir pada Sabtu, aliansi oposisi mengaku mereka dapat memenangkan 295 kursi.

Sementara partai Modi mengklaim telah meraih kemenangan lebih dari 370 kursi pada hasil 4 Juni nanti.

Baca juga: Gelombang Panas di India Tewaskan 33 Orang, Termasuk Para Petugas Pemilu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMifGh0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhcy5jb20vZ2xvYmFsL3JlYWQvMjAyNC8wNi8wMi8xMDUwMzMwNzAvbWF5b3JpdGFzLWV4aXQtcG9sbC1pc3lhcmF0a2FuLXBhcnRhaS1tb2RpLW1lbmFuZ2ktcGVtaWx1LWluZGlhLTIwMjTSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mayoritas "Exit Poll" Isyaratkan Partai Modi Menangi Pemilu India 2024 - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.