Search

Bawaslu Tunjuk Anggotanya di Provinsi untuk Awasi Tahapan Pemilu di DOB Papua - detikNews

Jakarta -

Bawaslu RI menunjuk anggota Bawaslu Provinsi Papua dan Papua Barat untuk membantu pengawasan tahapan pemilu di 4 daerah otonomi baru (DOB) Papua. Nantinya, anggota Bawaslu itu akan melaporkan hasil pengawasan kepada Bawaslu RI.

"Terkait dengan Perppu Nomor 1 Tahun 2022, tentang pengawasan DOB di Papua, kami sudah menunjuk kawan-kawan Bawaslu Provinsi Papua untuk membantu Bawaslu RI melakukan pengawasan di Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Bawaslu Papua Barat membantu Bawaslu RI untuk melakukan pengawasan di Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya," kata Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda, di kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2023).

"Ini tetap di bawah koordinasi dan kendali dari pada Bawaslu, hanya pemberian surat mandat, tapi tanggung jawab pengawasannya itu tetap ada di Bawaslu," sambungnya.

Lebih lanjut, Herwyn mengatakan untuk sekretariat Bawaslu, saat ini sedang dalam persiapan. Hal itu terkait adanya peraturan Bawaslu Nomor 3 Tahun 2022 tentang pola hubungan.

"Maka otomatis dia harus ditindak lanjuti dengan adanya peraturan Bawaslu tentang susunan organisasi tata kerja bersekretariatan, Bawaslu lagi mempersiapkan itu," katanya.

Herwyn mengatakan peraturan Bawaslu itu ditargetkan rampung sekitar satu atau dua bulan. Dia menyebut peraturan Bawaslu itu dapat menunjang tugas pengawasan anggota dalam tahapan pemilu 2024.

"Mudah-mudahan satu dua bulan ini bisa kita hasilkan, supaya nanti bisa menunjang tugas-tugas pengawasan ketua dan anggota Bawaslu, sebagai fungsi fasilitasi," tuturnya.

Presiden Jokowi sebelumnya menerbitkan Perppu tentang pemilu, berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 di empat Daerah Otonomi Baru di Papua.

Dalam Perppu ini diatur bahwa KPU membentuk KPU Provinsi di Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat daya. Aturan itu termaktub dalam Pasal 10A.

Bawaslu juga diatur untuk membentuk Bawaslu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

(amw/eva)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMidWh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNjUwMDQ4Mi9iYXdhc2x1LXR1bmp1ay1hbmdnb3RhbnlhLWRpLXByb3ZpbnNpLXVudHVrLWF3YXNpLXRhaGFwYW4tcGVtaWx1LWRpLWRvYi1wYXB1YdIBeWh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNjUwMDQ4Mi9iYXdhc2x1LXR1bmp1ay1hbmdnb3RhbnlhLWRpLXByb3ZpbnNpLXVudHVrLWF3YXNpLXRhaGFwYW4tcGVtaWx1LWRpLWRvYi1wYXB1YS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bawaslu Tunjuk Anggotanya di Provinsi untuk Awasi Tahapan Pemilu di DOB Papua - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.