Search

Pakar Respons RK Pamer Followers 30 Juta di Medsos Jelang Pemilu - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin ikut menyoroti jutaan pengikut di media sosial (followers) yang disebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai modal suara di pemilu.

Menurut Ujang, jumlah followers media sosial itu tidak dapat langsung dikonversikan menjadi jumlah dukungan pada surat suara di tempat pemungutan suara (TPS).

"Followers jutaan itu tidak serta merta menjadi konversi suara, itu hanya untuk modal dasar untuk berkampanye saja. Konversi suara itu bukan karena persoalan followers yang jumlahnya banyak itu, tidak berbanding lurus dengan suara di partai atau suara pilihan capres maupun cawapres," ujar Ujang saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (31/1).

Jumlah followers, jelas Ujang, merupakan modal dalam politik, yakni untuk pencitraan. Ujang menjelaskan perihal eksekusi suara itu bukan karena jumlah followers melainkan karena banyak faktor, mulai dari program, kebijakan, hingga politik uang (money politics).

"Saya tegaskan dan jelaskan kalau soal followers itu tidak bisa dikonversi menjadi suara atau tidak bisa dieksekusi menjadi suara di lapangan atau TPS. Karena sesuatu yang berbeda, followers itu sifatnya dunia maya," jelas Ujang.

"Pemilih yang menentukan eksekusi suara di TPS, bukan followers," tambahnya.

Ridwan Kamil (RK) mengatakan modal followers bukanlah jaminan tapi bisa dijadikan metode kampanye yang murah dan terukur.

"Bukan berarti modal followers itu jaminan, bukan. Tapi saya punya sejumlah followers yang kalau mantul-mantul itu adalah cara kampanye yang murah," kata RK saat ditemui di Gedung Transmedia, Jakarta Selatan, Selasa (31/1).

Orang nomor satu di Jawa Barat itu juga membandingkan kampanye menggunakan sarana baliho dan unggahan di media sosial. Menurut dia, tingkat interaksi publik dalam kampanye menggunakan media sosial lebih terukur dibanding kampanye menggunakan baliho.

Selain itu, RK mengatakan algoritma media sosial memiliki kekuatan dan menjadi potensi yang dapat digunakan secara maksimal.

"Jadi powerful sekali, walaupun bukan jaminan. Menurut saya, itu harta yang besar untuk dimaksimalkan," sebut dia.

Sebelumnya, RK resmi menjadi kader Partai Golkar pada Rabu (18/1). Ia diberi tugas oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk memenangkan suara Golkar di Pemilu 2024, terutama di Jawa Barat.

"Followers saya 30 juta. Itu saja sudah jadi modal," jelas RK kepada wartawan di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (18/1).

"Saya posting sehari sekali atau dua hari sekali tentang Golkar, ada lah yang nyangkut-nyangkut, kan. Karena saya pasti menarasikannya dengan cara-cara yang lebih cerdas dan lebih persuasif, ya," imbuh RK.

Suara RK di Jawa Barat kalah dari Anies

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan dukungan suara kepada RK di Jawa Barat dikalahkan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Survei ini dilakukan SMRC pada Desember 2021 hingga Desember 2022. Tujuan dari survei ini adalah untuk melihat tokoh yang dipilih masyarakat Jawa Barat sebagai presiden. RK menempati posisi ketiga dengan perolehan 20,2 persen pada Desember 2022. Angka itu mengalami kenaikan dari perolehannya pada Desember 2021, yakni 17,4 persen.

Adapun posisi pertama diduduki Anies dengan perolehan 22,5 persen pada Desember 2022 atau naik dari 16 persen suara di Desember 2021. Pada posisi kedua ada Prabowo pada posisi kedua dengan perolehan 20,8 persen pada Desember 2022. Suara Prabowo mengalami penurunan dari Desember 2021, yaitu 34,5 persen.

Hasil survei LSI 7 sampai 11 Januari 2023 menunjukkan elektabilitas RK mencapai 8,7 persen. Dia menduduki posisi keempat pada simulasi 10 nama capres.

(pop/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMif2h0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vbmFzaW9uYWwvMjAyMzAxMzExOTE3MDgtMzItOTA3MjYzL3Bha2FyLXJlc3BvbnMtcmstcGFtZXItZm9sbG93ZXJzLTMwLWp1dGEtZGktbWVkc29zLWplbGFuZy1wZW1pbHXSAYMBaHR0cHM6Ly93d3cuY25uaW5kb25lc2lhLmNvbS9uYXNpb25hbC8yMDIzMDEzMTE5MTcwOC0zMi05MDcyNjMvcGFrYXItcmVzcG9ucy1yay1wYW1lci1mb2xsb3dlcnMtMzAtanV0YS1kaS1tZWRzb3MtamVsYW5nLXBlbWlsdS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pakar Respons RK Pamer Followers 30 Juta di Medsos Jelang Pemilu - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.