Search

Bawaslu Tangerang Panggil Anggota PPK Rajeg Terkait Pesta Miras - detikNews

Tangerang -

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang, Banten, memanggil sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rajeg yang diduga terlibat dalam pesta minuman keras (miras). Panggilan ini dilakukan untuk proses pemeriksaan.

"Kami sudah melayangkan surat pemanggilan untuk klarifikasi, dan siapa saja nanti yang terlibat (pesta miras)," ucap Ketua Panwascam Rajeg, Rustam, di Tangerang seperti dilansir Antara, Rabu (17/7/2024).

Dia mengatakan pemanggilan yang dilakukan oleh Bawaslu sebagai upaya permintaan klarifikasi terkait dengan pelanggaran etik. Kasus ini sendiri terungkap dari video yang viral di media sosial.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk hasil analisanya pelanggarannya seperti apa, nanti kita proses dulu. Karena kita memiliki tujuh hari memutuskan atau mengeluarkan rekomendasi ke KPU dalam kasus ini," jelasnya.

Dia mengatakan Bawaslu masih melakukan penelitian terhadap kasus dugaan pelanggaran etik tersebut. Bawaslu akan membuktikan seperti apa pelanggarannya, karena dari laporan atau aduan yang diterima, anggota PPK Rajeg itu pesta miras usai menjalankan tugas.

ADVERTISEMENT

"Kita belum bisa memutuskan karena kita nantikan coba padukan dengan beberapa sumber hukum yaitu di DKPP dan juga Bawaslu. Ada keterkaitannya sendiri," ujarnya.

"Sementara yang dipanggil ada lima orang PPK dan kita juga belum tahu pasti siapa yang membawa (miras), siapa yang memberikan, kita belum tanyakan. Makanya nanti kita klarifikasi besok," sambungnya.

Seperti diketahui, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Banten, Muhamad Umar menyatakan anggota PPK Kecamatan Rajeg yang pesta miras dikenakan sanksi teguran.

"Kita sudah tegur agar tidak mengulangi terkait hal itu lagi," ucapnya.

KPU juga sudah meminta klarifikasi terkait dugaan pesta miras yang tengah viral di media sosial (medsos). Dia mengatakan para anggota PPK itu telah meminta maaf atas kejadian tersebut.

"Hasil dari klarifikasi ketua PPK memang mereka sedang mengerjakan tugas bersama-sama PPK dan PPS. Namun ada yang membawa minum sebagai penghangat badan. Dan itu sudah diingatkan juga oleh ketuaPPK,"katanya.

Klarifikasi Ketua PPK Rajeg

Ketua PPK Rajeg M Taufik Harahap mengatakan pesta miras itu tidak benar. Taufik mengatakan peristiwa yang viral itu terjadi pada Rabu (4/7) dini hari. Dia mengatakan pada Selasa (3/7) pihaknya sempat menghadiri rapat koordinasi di KPU Kabupaten Tangerang. Taufik juga mengaku saat itu dia sedang berulang tahun.

"Terus kita rakor ke aula, selesai jam 11 atau setengah 12, setelah itu kita turun udah pada bubar sekretariatnya, Taufik juga sempat keluar nganter istri pulang, tapi ada pekerjaan yang mesti dilanjutkan untuk diselesaikan," ujar Taufik saat dihubungi.

Taufik menyebut ada salah seorang anggota PPK yang kelelahan dan izin pulang lebih dulu. Dia menyebut ada seorang anggota panitia pemilihan suara (PPS) dan rekannya membawa minuman keras (miras) sekitar pukul 02.00 WIB.

"Nggak lama sekitar pukul 02.00 ada datang rekan kita PPS sama temannya, gitu ceritanya. Mungkin tujuannya support kita, nggak paham motifnya. Temannya PPS tadi itu membawa botol minuman, benar. Setelah itu saya sudah coba untuk, kalau bahasa di lapangan 'Geser lah, jangan di sini'. Kita sempat bercanda gitu," ujarnya.

Dia mengatakan anggota PPS dan rekannya itu tetap minum miras. Taufik menyebut anggota PPS itu merekam momen tersebut dan mengirim ke rekan lainnya, lalu berakhir viral. Dia menyatakan tak ada anggota PPK Rajeg yang meminum miras tersebut.

"Malam itu bukan pesta miras, kedua seluruh PPK tidak ada meminum, ketiga kejadian itu secara spontan saja, tidak direncanakan. Kejadian itu tidak ada keributan, kegaduhan," jelasnya.

(haf/haf)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiZ2h0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzQ0Mzg4OC9iYXdhc2x1LXRhbmdlcmFuZy1wYW5nZ2lsLWFuZ2dvdGEtcHBrLXJhamVnLXRlcmthaXQtcGVzdGEtbWlyYXPSAWtodHRwczovL25ld3MuZGV0aWsuY29tL3BlbWlsdS9kLTc0NDM4ODgvYmF3YXNsdS10YW5nZXJhbmctcGFuZ2dpbC1hbmdnb3RhLXBway1yYWplZy10ZXJrYWl0LXBlc3RhLW1pcmFzL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bawaslu Tangerang Panggil Anggota PPK Rajeg Terkait Pesta Miras - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.