Search

Setelah 14 Tahun Jadi Oposisi, Partai Buruh Menang Pemilu Inggris 2024, Kok Bisa? - KOMPAS.com

LONDON, KOMPAS.com - Partai Buruh yang beraliran kiri-tengah meraih kemenangan besar dalam Pemilu Inggris 2024.

Kemenangan itu membawa Partai Buruh mengakhiri 14 tahun kekuasaan Partai Konservatif yang beraliran kanan.

Partai Konservatif atau biasa disebut juga sebagai Partai Tory telah mengakui kekalahan mereka dalam Pemilu Inggris kali ini.

Baca juga: Profil Keir Starmer, PM Baru Inggris Usai Partai Buruh Menang Pemilu 2024

Pemimpin Partai Konservatif yang kini menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris, Rishi Sunak, mengaku telah memberikan selamat kepada pemimpin Partai Buruh Keir Starmer.

"Partai Buruh telah memenangkan pemilihan umum ini, dan saya telah menelepon Sir Keir Starmer untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya," kata Rishi Sunak, Jumat (5/7/2024).

Dengan kemenangan Partai Buruh, kursi Perdana Menteri (PM) Inggris pun akan beralih diduduki Keir Starmer.

"Hari ini, kekuasaan akan berpindah tangan dengan cara yang damai dan teratur dengan niat baik di semua pihak," tambah pemimpin Partai Tory tersebut.

Sunak menyebut hasil Pemilu Inggris kali ini "sangat menyedihkan" dan mengakui ia bertanggung jawab atas kekalahan tersebut.

Pada sebuah rapat umum Partai Buruh yang diselenggarakan di pusat kota London, Starmer (61), mengatakan kepada para simpatisan yang bersorak-sorai bahwa "perubahan dimulai di sini".

Ia menjanjikan satu dekade pembaharuan nasional, dengan mengutamakan "negara pertama, partai kedua".

Namun dia memperingatkan bahwa perubahan tidak akan terjadi dalam semalam, bahkan ketika Partai Buruh merebut banyak kursi dari Partai Konservatif di seluruh negeri, termasuk dari sembilan anggota Kabinet, dan mantan PM Liz Truss.

Di masa lalu, Truss hanya menjabat sebagai PM Inggris selama 49 hari.

Ia menjabat sebentar setelah kebijakan pemotongan pajak yang tidak didanai membuat pasar takut dan jatuhnya nilai tukar poundsterling.

Truss menghadapi kampanye untuk menggulingkannya oleh aktivis akar rumput -yang dijuluki "Taliban Turnip"- di daerah pemilihannya di pedesaan dan kalah hanya dengan selisih 630 suara.

Baca juga: Partai Buruh Menang Pemilu, Keir Starmer Jadi PM Inggris Gantikan Rishi Sunak

Partai buruh amankan mayoritas kursi di Parlemen Inggris

Majelis Rendah (House of Commons) Inggris memiliki 650 anggota parlemen. Masing-masing anggota parlemen mewakili konstituen individu atau area di suatu tempat di Inggris Raya.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMigQFodHRwczovL3d3dy5rb21wYXMuY29tL2dsb2JhbC9yZWFkLzIwMjQvMDcvMDUvMTUzOTAwMDcwL3NldGVsYWgtMTQtdGFodW4tamFkaS1vcG9zaXNpLXBhcnRhaS1idXJ1aC1tZW5hbmctcGVtaWx1LWluZ2dyaXMtMjAyNC1rb2vSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Setelah 14 Tahun Jadi Oposisi, Partai Buruh Menang Pemilu Inggris 2024, Kok Bisa? - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.