Search

PM Rishi Sunak Akui Kekalahan di Pemilu Inggris - detikNews

London -

Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak mengakui kekalahan dalam pemilu parlemen, di mana Partai Konservatif yang berkuasa selama 14 tahun terakhir kalah telak dari Partai Buruh. Sunak pun mengucapkan selamat kepada Keir Starmer, ketua Partai Buruh yang akan menggantikannya sebagai PM Inggris.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (5/7/2024), dengan masih banyak hasil yang harus diumumkan pada pemungutan suara pada Kamis (4/7) waktu setempat, Partai Buruh yang berhaluan kiri-tengah telah memenangkan lebih dari 326 kursi parlemen, dari total 650 kursi parlemen Inggris.

Exit poll sebelumnya mengindikasikan Partai Buruh akan memperoleh sekitar 410 kursi parlemen, yang menegaskan dominasi dan mayoritas mereka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemenangan Partai Buruh dalam pemilu parlemen ini mengakhiri kekuasaan Partai Konservatif, yang kini dipimpin Sunak, selama 14 tahun terakhir di Inggris. Sunak menjabat PM Inggris sejak Oktober 2022 lalu.

Pada malam yang memalukan bagi Sunak, Partai Konservatif sejauh ini barus memenangkan 70 kursi parlemen dan diperkirakan akan mendapatkan pencapaian terburuk dalam sejarah panjang partai tersebut.

ADVERTISEMENT

Sunak mengakui bahwa Partai Buruh telah memenangkan pemilu parlemen Inggris yang digelar pada Kamis (4/7) waktu setempat. Dia berhasil memenangkan kursi parlemen untuk wilayah Inggris bagian utara, namun Partai Konservatif yang dipimpinnya gagal mempertahankan mayoritas dalam parlemen.

"Partai Buruh telah memenangkan pemilihan umum ini dan saya telah menelepon Sir Keir Starmer untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya," kata Sunak dalam pernyataannya pada Jumat (5/7) waktu setempat.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Jokowi Bertemu Eks PM Inggris, Bahas Investasi Energi & Alur Logistik IKN

[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiXmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vaW50ZXJuYXNpb25hbC9kLTc0MjQxOTUvcG0tcmlzaGktc3VuYWstYWt1aS1rZWthbGFoYW4tZGktcGVtaWx1LWluZ2dyaXPSAWJodHRwczovL25ld3MuZGV0aWsuY29tL2ludGVybmFzaW9uYWwvZC03NDI0MTk1L3BtLXJpc2hpLXN1bmFrLWFrdWkta2VrYWxhaGFuLWRpLXBlbWlsdS1pbmdncmlzL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PM Rishi Sunak Akui Kekalahan di Pemilu Inggris - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.