Search

Gorontalo Banjir Bandang, KPU Klaim Pemilu Ulang Tak Terganggu - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeklaim persiapan pemungutan suara ulang (PSU) Pileg DPRD Gorontalo daerah pemilihan (dapil) Gorontalo VI tidak terganggu bencana banjir bandang yang tengah melanda provinsi itu.

Adapun PSU tersebut bakal digelar pada Sabtu (13/7/2024) besok.

"Kami sudah terima laporan dari teman-teman (jajaran) dan sudah pasti diupayakan langkah-langkah yang memungkinkan untuk menggelar PSU di daerah yang terkena musibah," kata Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin kepada wartawan pada Jumat (12/7/2024).

"Kami sudah dapatkan update semuanya dan berbagi tugas untuk tim yang datang ke daerah-daerah PSU tersebut. Insya Allah sudah siap semua," imbuhnya.

Baca juga: Banjir Bandang Gorontalo: Belasan Ribu Warga Terdampak, 6 Kecamatan Terendam

Afif mengakui, ada beberapa daerah yang seharusnya menggelar PSU kini dilanda banjir. KPU RI disebut telah mendapatkan laporan tentang hal itu.

Namun, Afif tak merinci sejauh mana kendala yang terjadi akibat musibah jelang PSU ini, semisal apakah mengganggu akses distribusi logistik atau membuat gudang turut terendam.

"Kami sudah pastikan teman-teman di sana untuk segera menanggulangi, koordinasi dengan para pihak, dengan pemda dan seterusnya untuk kemudian bisa dilakukan (PSU)," pungkasnya.

Baca juga: KPU: 20 PSU yang Diperintahkan MK Masih Dijalankan secara Bertahap

PSU ini dilakukan karena adanya 5 partai politik yang kekurangan caleg perempuan pada pileg 14 Februari lalu di dapil VI Pileg DPRD Gorontalo, yaitu Partai Demokrat, Nasdem, PKB, Gerindra, dan PBB.

Meski tak memenuhi kewajiban afirmatif itu, KPU tetap mengesahkan DCT (daftar calon tetap) mereka dan mempersilahkan mereka ikut kompetisi.

PKS yang memenuhi kuota caleg perempuan namun tak mendapatkan kursi akhirnya mengajukan sengketa dan dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Terlebih, 4 partai politik yang gagal memenuhi keterwakilan caleg perempuan selain PBB berhasil menggondol kursi.

MK pun memerintahkan dilakukannya PSU dan semua partai politik yang berpartisipasi wajib memenuhi kewajiban afirmatif terhadap caleg perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vbmFzaW9uYWwua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMjQvMDcvMTIvMTU1NzE1MzEvZ29yb250YWxvLWJhbmppci1iYW5kYW5nLWtwdS1rbGFpbS1wZW1pbHUtdWxhbmctdGFrLXRlcmdhbmdnddIBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gorontalo Banjir Bandang, KPU Klaim Pemilu Ulang Tak Terganggu - Nasional Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.