Search

Warga di Padang Gelar Pemilihan RT dan RW seperti Sistem Pemilu - iNews

PADANG, iNews.id - Warga di Kelurahan Air Pacah, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar pemilihan Ketua RT/RW dengan cara berbeda. Prosesinya dilakukan dengan cara pemungutan suara seperti penyelenggaraan pemilu.

Biasanya pemilihan ketua RT/RW dilakukan secara aklamasi atau musyawarah mufakat, namun kali ini masyarakat bisa memilih secara demokratis.

Terdapat 16 nama yang maju sebagai calon ketua RT 001 sampai RT 005 dan empat calon untuk pemilihan RW yang mengejutkan partisipasi keluarga mencapai 100 persen.

Pantauan iNews, penyelenggaraan pemilihan ketua RT/RW berlangsung dengan tertib dan menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan hingga pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ke TPS.

"Kita belajar saat ini yang namanya demokrasi. Kita belajar dari pemilu," kata Ketua Pelaksana, Rahmad Doni, di Kota Padang, Sumbar, Minggu (27/12/2020).

Dia mengatakan, sebelum proses pemungutan suara, panitia menyosialisasikan pemilihan ini kepada seluruh warga. Kemudian penyelenggaran acara berembuk dengan pemerintah tingkat kelurahan termasuk TNI dan Polri.

Ada 600 kepala keluarga yang masuk daftar pemilih. Mereka juga yang mengusulkan nama-nama calon tersebut, lalu diputuskan sebagai kandidat RT dan RW.

Sebelumnya Pemerintah Kota Padang telah menyosialisasikan Peraturan Daerah No 7 Tahun 2020. Diatur bahwa ketua RT dan RW bisa menjabat selama lima tahun dan boleh dua periode bila dinyatakan terpilih kembali.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://sumbar.inews.id/berita/warga-di-padang-gelar-pemilihan-rt-dan-rw-seperti-sistem-pemilu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Warga di Padang Gelar Pemilihan RT dan RW seperti Sistem Pemilu - iNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.