Search

Kontestan Pilkada Dituntut Wujudkan Pemilu Bebas Covid-19 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Satgas Penanganan Covid-19 Nasional kembali meminta para calon pemimpin daerah turut memastikan Pilkada 2020 aman dari Covid-19. Hal tersebut disampaikan 5 hari jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Juru Bicara #SatgasCovid19 Wiku Adisasmito meminta para kandidat memanfaatkan sisa kampanye dengan baik dan aman.

"Bersikaplah dengan penuh tanggungjawab dan jangan melakukan kegiatan kampanye yang memicu kerumunan," ujar Wiku dilansir dari laman resmi Satgas Covid-19 Nasional, Jumat (4/12).


Selain itu, Wiku juga meminta masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bertanggung jawab pada keamanan sekitar. Hal tersebut dilakukan untuk tetap memastikan penanganan pandemi di tiap wilayah tetap berjalan efektif.

"Saya berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya memiliki pemimpin yang bertanggung jawab dan memiliki kapasitas serta komitmen untuk memimpin daerah di tengah masa pandemi," tambah Wiku.

Masyarakat diminta tidak terbuai euforia gelaran Pilkada 2020 dengan tetap berpegang teguh pada protokol kesehatan 3M yang meliputi #pakaimasker dengan benar, #cucitangan dengan sabun dan air mengalir, serta #jagajarak hindari kerumunan.

Wiku juga menyampaikan pesan pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di daerah untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran yang berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Hingga kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pilkada 2020 sudah turut serta mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 sebagai dampak pelaksanaan Pilkada 2020. KPU sendiri telah merumuskan aturan protokol kesehatan yang wajib dijalankan oleh penyelenggara pemilu.

Merujuk data dari Our World in Data dan penelitian oleh Council of Foreign Relation pada September 2020, Wiku mengatakan penyelenggaraan Pemilu di berbagai negara tidak menunjukkan dampak signifikan pada kondisi wabah di suatu wilayah.

Bagi Wiku, Pilkada 2020 akan berlangsung aman asalkan protokol kesehatan diindahkan semua pihak yang terlibat. Pilkada serentak akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

"Gelaran pilkada dapat berlangsung aman apabila semua pihak disiplin protokol kesehatan serta mengikuti aturan yang ditetapkan KPU," imbuh Wiku.

(fjr/fjr)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201204151825-25-578048/kontestan-pilkada-dituntut-wujudkan-pemilu-bebas-covid-19

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kontestan Pilkada Dituntut Wujudkan Pemilu Bebas Covid-19 - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.