Search

AHY Tolak Penundaan Pemilu di Pidato Politik: Apa Iya Ada Plt Presiden? - detikNews

Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali membicarakan isu penundaan Pemilu 2024. Dia mempertanyakan apakah ada jabatan pelaksana tugas (Plt) Presiden.

Hal ini disampaikan AHY dalam pidato politiknya di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023). AHY menyebut sikap mayoritas rakyat menolak gelaran pemilu ditunda.

"Memang, saat ini banyak orang takut bicara. Banyak yang takut ditangkap, jika berseberangan dengan sikap penguasa. Tetapi, untuk hal- hal yang sangat prinsip dan menyangkut hajat hidup mereka, rakyat masih berani untuk bersuara lantang. Rakyat yang saya temui di seluruh pelosok negeri, menolak penundaan Pemilu 2024," kata AHY.

AHY mempertanyakan siapa yang akan didapuk menjadi pemimpin nasional apabila Pemilu 2024 ditunda. Dia heran apabila ada Plt presiden dan ratusan Plt anggota DPR RI.

"Jika pun Pemilu 2024 dipaksakan ditunda, lalu siapa yang akan memimpin nanti? Karena sesuai perintah konstitusi, pemerintahan saat ini akan mengakhiri masa tugasnya pada tanggal 20 Oktober 2024. Apa iya, ada PLT Presiden?" kata AHY.

"Apa iya, akan ada ratusan PLT anggota DPR RI dan DPD RI, serta ribuan PLT anggota DPRD? Kalau di negara kita ada PLT Presiden, dan ribuan PLT wakil rakyat yang berkuasa, dan bekerja selama 2 hingga 3 tahun, betapa kacau dan 'chaos'-nya situasi nasional kita," kata dia.

AHY pun mengkhawatirkan dunia akan melihat Indonesia sebagai 'Banana Republic'. Dia khawatir situasi negara menjadi krisis karena tidak memiliki legitimasi yang kuat.

"Saya khawatir, dunia akan melihat Indonesia sebagai 'Banana Republic', karena semua pejabat negara menduduki kursi kekuasaan tanpa mandat rakyat, tanpa Pemilu. Tidak memiliki legitimasi yang kuat sehingga kekuasaan yang dimiliki menjadi tidak sah, dan tidak halal," ujar dia.

(fca/gbr)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMibWh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNjYxODU4OC9haHktdG9sYWstcGVudW5kYWFuLXBlbWlsdS1kaS1waWRhdG8tcG9saXRpay1hcGEtaXlhLWFkYS1wbHQtcHJlc2lkZW7SAXFodHRwczovL25ld3MuZGV0aWsuY29tL3BlbWlsdS9kLTY2MTg1ODgvYWh5LXRvbGFrLXBlbnVuZGFhbi1wZW1pbHUtZGktcGlkYXRvLXBvbGl0aWstYXBhLWl5YS1hZGEtcGx0LXByZXNpZGVuL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AHY Tolak Penundaan Pemilu di Pidato Politik: Apa Iya Ada Plt Presiden? - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.