Search

PSI Demo di MK Tolak Pemilu Coblos Parpol, Bawa Karung - Boneka Kucing - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar aksi demonstrasi di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Rabu (8/3) siang. Mereka menolak pemilu dengan sistem proporsional tertutup atau pemilih hanya mencoblos partai politik.

Unjuk rasa digelar bertepatan dengan sidang gugatan terhadap perkara Nomor 114/PUU-XX/2022 terkait uji materi UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 soal aturan sistem pemilu proporsional terbuka.

"Dengan pemilu sistem terbuka, rakyat bisa terlibat aktif mengakses dan mengkoreksi siapapun calonnya. Akan tetapi, kalau tertutup pada akhirnya rakyat dibatasi," ujar Ketua DPP PSI Furqan Amini M. Chan.

Dalam aksi unjuk rasa hari ini, kader PSI membawa karung, kardus hitam, serta boneka kucing. Menurut Furqan, hal tersebut merupakan simbol dari sistem pemilu proporsional tertutup.

"Kami berdiri di sini, 15 orang dengan kardus hitam di kepala. Kardus hitam sebagai simbol demokrasi akan ditutup aksesnya oleh para elite melalui proses gugatan ke MK," tuturnya.

Ia menegaskan jangan sampai negara memaksa rakyat memilih calon-calon legislatif yang duduk di parlemen seperti memilih kucing dalam karung.

Furqan mengatakan sistem proporsional tertutup hanya akan menghasilkan boneka-boneka untuk rakyat.

"Di karung itu ada tulisan. Jangan paksa rakyat memilih kucing dalam karung. Boneka-boneka itu tentunya akan menjadi ruang yang menguntungkan elite politik," kata dia.

Ia berharap majelis hakim tidak mengabulkan gugatan para pemohon soal sistem pemilu proporsional terbuka. Furqan meminta majelis hakim mendengarkan suara publik.

"Semoga hakim bisa menangkap di mana publik sesungguhnya tidak menginginkan proporsional tertutup. Hakim tentu punya banyak pertimbangan baik itu dari kajian dari akademisi dan lain-lain, Tapi tolong juga dengar aspirasi dari rakyat dan partai politik," ucapnya.

Saat ini, sistem pemilu proporsional terbuka digugat ke MK oleh sejumlah orang, di antaranya datang dari partai politik.

Dengan sistem proporsional tertutup, pemilih tidak bisa memilih calon anggota legislatif langsung. Pemilih hanya bisa memilih partai politik, sehingga partai punya kendali penuh menentukan siapa yang duduk di parlemen.

(psr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiggFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL25hc2lvbmFsLzIwMjMwMzA4MTIyMjE4LTMyLTkyMjM1My9wc2ktZGVtby1kaS1tay10b2xhay1wZW1pbHUtY29ibG9zLXBhcnBvbC1iYXdhLWthcnVuZy1ib25la2Eta3VjaW5n0gGGAWh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vbmFzaW9uYWwvMjAyMzAzMDgxMjIyMTgtMzItOTIyMzUzL3BzaS1kZW1vLWRpLW1rLXRvbGFrLXBlbWlsdS1jb2Jsb3MtcGFycG9sLWJhd2Eta2FydW5nLWJvbmVrYS1rdWNpbmcvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PSI Demo di MK Tolak Pemilu Coblos Parpol, Bawa Karung - Boneka Kucing - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.