Search

Bendera Kirab Pemilu 2024 tiba di Lembata, Ketua KPU Lembata: Itu Simbol Pemilu di Daerah - Tribun Flores

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, RICKO WAWO

TRIBUNFLORES.COM, LEWOLEBA - Euforia Pemilu 2024 semakin terasa di Lembata saat Bendera Kirab Pemilu 2024 tiba di Pelabuhan Balauring, Kecamatan Omesuri pada pukul 12.00 Wita, Kamis, 23 Maret 2023.

Bendera Kirab Pemilu 2024 dibawa oleh rombongan KPU Kabupaten Alor dan Sekretaris KPU Provinsi NTT Adiwijaya Bhakti melalui jalur laut.

Rombongan diterima secara adat di pelabuhan, kemudian diarak menuju ke desa Dikesare, Waienga, Hadakewa dan Kota Lewoleba. Penerimaan secara adat dilakukan di setiap titik, dengan tarian dan tabuhan gong dan gendang.

Ketua KPU Lembata, Elias Keluli Making, menyebutkan bahwa Kirab Pemilu merupakan simbol bahwa Pemilu tidak saja terjadi di tingkat pusat, atau di kota-kota besar semata.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Lansia dan Pemilih Pemula di Sikka Diajar Cara Cek Fakta untuk Menghindari Hoaks

Pemilu juga bukan saja ranah KPU, tetapi Pemilu adalah milik semua warga bangsa. Jika Pemilu adalah pesta, maka mestinya pesta demokrasi bangsa ini harus disemarakan dan digemakan hingga ke pelosok-pelosok. Kemeriahan pemilu haruslah dialami juga oleh warga di kampung-kampung terpencil.

Kata dia, warga bangsa harus tahu, bahwa melalui Pemilu serentak 2024 mendatang, sejarah baru akan tercipta. Pemimpin akan lahir dari tangan rakyat, dan calon-calon pemimpin bangsa itu diusung oleh 18 Partai Politik Peserta Pemilu.

"Sebagai penyelenggara Pemilu, KPU wajib memperkenalkan seluruh Partai Politik Peserta Pemilu 2024 kepada warga Pemilih.dan melalui Kirab Pemilu, KPU juga ingin memastikan bahwa Pemilu 2024 akan berlangsung tepat di hari Rabu tanggal 14 Februari 2024," ungkapnya.

Dia pun memaparkan bahwa KPU baru saja melaksanakan tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih, dan di tanggal 30 sampai 31 Maret mendatang Panitia Pemungutan Suara akan melalukan pleno daftar Pemilih sementara. Selain itu, pada 26 Maret nanti, KPU juga akan melaksanakan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan. Selanjutnya tahapan pencalonan DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota akan dilaksanakan pada bulan April 2023 mendatang.

Tahapan pemilu, berjalan dengan sangat ketat. Tidak saja beririsan, tetapi saling baku potong antara satu tahapan dan tahapan lainnya. Kendati demikian, kata dia, KPU Lembata ingin memastikan kalau pelaksanaan tahapan dan jadwal akan berjalan tepat waktu, apalagi dengan didukung oleh semua elemen bangsa.

"Kehadiran semua kita pada giat malam ini, adalah bukti riil dari dukungan semua elemen di kabupaten ini, kepada KPU selaku Lembaga Penyelenggara Pemilu," pungkasnya.

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMigAFodHRwczovL2Zsb3Jlcy50cmlidW5uZXdzLmNvbS8yMDIzLzAzLzIzL2JlbmRlcmEta2lyYWItcGVtaWx1LTIwMjQtdGliYS1kaS1sZW1iYXRhLWtldHVhLWtwdS1sZW1iYXRhLWl0dS1zaW1ib2wtcGVtaWx1LWRpLWRhZXJhaNIBhAFodHRwczovL2Zsb3Jlcy50cmlidW5uZXdzLmNvbS9hbXAvMjAyMy8wMy8yMy9iZW5kZXJhLWtpcmFiLXBlbWlsdS0yMDI0LXRpYmEtZGktbGVtYmF0YS1rZXR1YS1rcHUtbGVtYmF0YS1pdHUtc2ltYm9sLXBlbWlsdS1kaS1kYWVyYWg?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bendera Kirab Pemilu 2024 tiba di Lembata, Ketua KPU Lembata: Itu Simbol Pemilu di Daerah - Tribun Flores"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.