Search

KPU Nganjuk Gelar Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih, Disimpan untuk Pemilu Berikutnya - Surya

SURYA.co.id | NGANJUK - Meski tidak menyelenggarakan Pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk tetap melakukan pemutakhiran data pemilih.

Hal tersebut dilakukan untuk menyelamatkan atau menyimpan data pemilih yang telah divalidasi sesuai perkembangan pemilih di Kabupaten Nganjuk.

Ketua KPU Kabupaten Nganjuk, Pujiono mengatakan data pemilih di KPU tersebut akan dilakukan penyimpanan beserta catatan.

Di antaranya catatan data pemilih yang meninggal dunia atau pemilih pindah tempat dengan pemberian tanda khusus. Data-data tersebut akan disimpan hingga pada pelaksanaan pemilu berikutnya.

"Dengan demikian data pemilih dalam Pemilu di KPU tidak dibiarkan begitu saja, tapi disimpan untuk data pemilih dalam pemilu berikutnya nanti," kata Pujiono, di tengah rapat evaluasi pemutakhiran data pemilih Pemilu tahun 2019, Selasa (8/10/2019).

Di samping itu, menurut Pujiono, kegiatan Evaluasi Data Pemilih Pemilu Tahun 2019 oleh KPU Kabupaten Nganjuk juga dimaksudkan untuk mengevalusi semua tahapan pemutahiran data pemilih mulai dari saat awal pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Selanjutnya penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP) kemudian Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP 1) hingga Daftar Pemilih Tetap Hasil Pebaikan dua dan tiga.

Dalam evaluasi data Pemilih Pemilu, menurut Pujiono, KPU melibatkan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil untuk data keseluruhan. Termasuk dengan komponen-komponen data pemilih, misalnya kalau ada NIK yang error, nomor KK yang error akan langsung dikoordinasikan dengan Dispendukcapil.

Berikutnya, data perbaikan itu dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan, UPTD Provinsi dan Kemenag terkait dengan data pemilih pemula.

Kegiatan itu dipastikan melibatkan PPK dan PPS se-Kabupaten Nganjuk yang selama ini terlibat langsung dalam pemutakhiran data pemilih.

Dalam evaluasi tersebut, ungkap Pujiono, tidak hanya dilakukan evaluasi terhadap alur pemutakhiran data pemilih, namun juga dilakukan evaluasi terhadap sumber daya manusia yang terlibat aktif di dalamnya. Mulai dari PPDP, PPS, PPK hingga KPU dan Disdukcapil sebagai pembanding ketersediaan data dan tak ketinggalan operator-operator di masing–masing jenjang.

Kegiatan evaluasi, tambah Pujiono, juga dilakukan dengan kajian ulang terhadap norma atau aturan berupa surat edaran KPU maupun PKPU yang selama ini dijadikan rujukan pelaksanaan kegiatan. Sehinggam apabila dianggap dalam pelaksanaan kegiatan pemutakhiran ada hal yang kurang relevan, maka di kemudian hari akan ada penyempurnaan terhadap pelaksanaan pemutakhiran data pemilih.

"Alhamdulillah untuk kabupaten Nganjuk tidak ada data yang error sampai akhir perselisihan hasil pemilihan umum di MK, semuanya sudah nihil persoalan dan bersih,” tutur Pujiono.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://surabaya.tribunnews.com/2019/10/08/kpu-nganjuk-gelar-evaluasi-pemutakhiran-data-pemilih-disimpan-untuk-pemilu-berikutnya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPU Nganjuk Gelar Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih, Disimpan untuk Pemilu Berikutnya - Surya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.