Search

PKB Targetkan 100 Kursi DPR RI pada Pemilu 2024 - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menargetkan partainya memperoleh 100 kursi DPR RI pada Pemilu 2024.

Menurutnya, semakin besar perolehan kursi bakal meningkatkan kepercayaan diri kader PKB di Parlemen RI.

“Saya sampaikan kepada Pak Cucun sebagai Ketua Fraksi (Cucun Ahmad Syamsurijal), kalau PKB mendapatkan 100 kursi, rasanya ketua fraksi itu jalannya gagah,” ujar Jazilul dalam pembukaan uji kelayakan dan kepatutan bakal calon legislatif DPR RI PKB di kantor DPP PKB, Senen, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

“Dibanding dulu, pernah PKB itu hanya 28 kursi, itu melihat partai yang lain itu minder kalau jalan,” sambungnya.

Baca juga: Berharap Muhaimin Capres, PKB: Wakilnya Mau Pak Prabowo Boleh, Anies Boleh...

Ia lantas menyinggung partai berwarna hijau lain yang mendapat sedikit kursi di DPR RI. Karena itu, Jazilul tak ingin PKB memperoleh kursi yang sedikit pada Pemilu 2024.

“Jangan sampai kaya, mohon maaf, partai hijau yang lain, yang cuma (memiliki) 19 kursi,” kata dia.

Jazilul juga berharap semua kader bergerak untuk mempertahankan raihan yang telah dicapai PKB pada Pemilu 2019. Adapun hasil Pemilu 2019 PKB memperoleh 58 kursi DPR RI dan menempati urutan kelima parpol dengan raihan kursi parlemen.

Baca juga: PKB: Khofifah Mesti Sowan Muhaimin jika Ingin Duet dengan Prabowo

“PKB alhamdulilah pada 2019 ini menempati posisi-posisi penting di parlemen, menjadi Wakil Ketua MPR, Wakil Ketua DPR, menjadi pimpinan badan anggaran, pimpinan Komisi II, IV, X, VI, dan XI,” imbuhnya.

Untuk menghadapi Pemilu 2024, PKB saat ini telah membentuk koalisi dengan Partai Gerindra. Namun demikian, koalisi belum mencapai kesepakatan terkait pengusungan calon presiden (capres), dan calon wakil presiden (cawapres).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiZGh0dHBzOi8vbmFzaW9uYWwua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMjMvMDIvMjEvMTI1NzU5MTEvcGtiLXRhcmdldGthbi0xMDAta3Vyc2ktZHByLXJpLXBhZGEtcGVtaWx1LTIwMjTSAWhodHRwczovL2FtcC5rb21wYXMuY29tL25hc2lvbmFsL3JlYWQvMjAyMy8wMi8yMS8xMjU3NTkxMS9wa2ItdGFyZ2V0a2FuLTEwMC1rdXJzaS1kcHItcmktcGFkYS1wZW1pbHUtMjAyNA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PKB Targetkan 100 Kursi DPR RI pada Pemilu 2024 - Kompas.com - Nasional Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.