Search

Partai Politik Rancang Strategi, Millenial Jadi Ceruk Potensial di Pemilu 2024 - TribunJatim.com

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemilih millenial maupun Gen Z diprediksi bakal mendominasi pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Sebagai ceruk potensial, kalangan pemilih muda ini bisa menjadi lahan untuk dioptimalkan peserta pemilu. Sejumlah partai politik pun sudah mulai merancang strategi.

Pelaksana Harian Ketua DPD PDI Perjuangan Budi Sulistyono mengungkapkan, sudah ada sejumlah langkah yang dipersiapkan untuk memberikan wadah bagi kalangan muda. Dari tipologi di lapangan, millenial terbagi menjadi mereka yang berpikiran panjang ke depan dan ada pula yang cenderung berpikir sesaat.

"Dan itu kita perhatikan semua," kata politisi senior yang akrab disapa Kanang ini pada acara Talkshow Jawa Timur Barometer Pemilu 2024 yang digelar Tribun Jatim Network di Dyandra Convention Hall, Surabaya, Kamis (23/2/2023).

Dia memberi contoh, bagi millenial yang memiliki visi ke depan maka partainya memberikan ruang misalnya dengan diperkenalkan entrepreneurship. Menurutnya ini penting dikenalkan sejak dini kepada generasi muda. "Entrepreneurship ini bisa membaca peluang. Maka, kalau ini dilakukan dia akan mampu membawa dirinya sendiri," ucapnya.

Kanang tak memungkiri, bahwa kaum muda juga dekat dan melek teknologi. Sehingga, upaya yang turut dilakukan oleh PDI Perjuangan juga menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang saat ini pesat. Kanang memastikan partainya memberikan perhatian pada generasi muda.

Baca juga: Jawa Timur Barometer Pemilu 2024, HMI Cabang Surabaya Harap Pemimpin Bisa Lakukan Lompatan Besar

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah juga mengungkap bagaimana perhatian partainya pada kalangan millenial. Apalagi dikatakan Anik, PKB sejak sepuluh tahun lalu sudah menjadi partai kader. Upaya dilakukan agar tidak menjadi partai yang hanya mengandalkan ketokohan figur semata.

"Semua kader PKB harus menjadi figur," ucap Anik yang juga menjadi salah seorang pembicara dalam talkshow tersebut.

Sehingga, salah satu cara yang dilakukan adalah rekrutmen kader-kader muda. Tak berhenti disitu, mereka juga selalu dilibatkan dalam gerakan kepartaian. Bahkan, millenial juga diberikan kesempatan menjadi caleg PKB.

Cara ini dinilai Anik bisa menarik simpati kalangan muda. Apalagi, selama ini banyak persepsi jika anak muda cenderung apatis terhadap politik. "Ketika program kerja partai melibatkan anak muda, maka bisa menjawab apa yang menjadi kebutuhan mereka," urainya.

Sementara Ketua DPD Partai Golkar Jatim M Sarmuji juga mengungkap bakal mengoptimalkan potensi ceruk millenial. Dengan merebut simpati kalangan muda, Partai Golkar yakin bisa merengkuh hasil positif di Jawa Timur pada Pemilu mendatang.

Bagi Sarmuji, hal itu sebagai peluang sekaligus tantangan bagi pihaknya. Sebab, millenial dan kalangan muda identik dengan perkembangan teknologi yang pesat. Disamping juga menjadi sasaran hampir semua partai politik.

"Persentase pemilih millenial dan itu adalah mereka yang itu sangat akrab pada teknologi informasi. Dan Golkar mempersiapkan perangkat untuk menjangkau pemilih generasi Z dan millenial untuk bisa masuk ke Partai Golkar," ujarnya.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMidWh0dHBzOi8vamF0aW0udHJpYnVubmV3cy5jb20vMjAyMy8wMi8yNC9wYXJ0YWktcG9saXRpay1yYW5jYW5nLXN0cmF0ZWdpLW1pbGxlbmlhbC1qYWRpLWNlcnVrLXBvdGVuc2lhbC1kaS1wZW1pbHUtMjAyNNIBeWh0dHBzOi8vamF0aW0udHJpYnVubmV3cy5jb20vYW1wLzIwMjMvMDIvMjQvcGFydGFpLXBvbGl0aWstcmFuY2FuZy1zdHJhdGVnaS1taWxsZW5pYWwtamFkaS1jZXJ1ay1wb3RlbnNpYWwtZGktcGVtaWx1LTIwMjQ?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Partai Politik Rancang Strategi, Millenial Jadi Ceruk Potensial di Pemilu 2024 - TribunJatim.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.